Komisi III tindak lanjuti masukan anggota Baleg terkait RUU Kejaksaan

Komisi III tindak lanjuti masukan anggota Baleg terkait RUU Kejaksaan

Wakil Ketua Komisi III, Pangeran Khairul Saleh. ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc/aa.

Selain itu terkait pengaturan penyadapan supaya lebih diatur kewenangan-nya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh mengatakan akan menindak lanjuti berbagai masukan yang disampaikan anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI terkait revisi Undang-Undang nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan RI.

"Dalam Rapat Baleg tadi, saya menerima beberapa masukan dan catatan dari seluruh fraksi di Baleg DPR RI. Untuk yang nantinya akan kami tindak lanjuti di Komisi III DPR," kata Pangeran Khairul Saleh di Jakarta, Kamis.

Khairul Saleh mengatakan dirinya selaku pengusul harmonisasi RUU tentang perubahan atas UU no 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan RI menghadiri rapat di Baleg DPR RI dalam rangka menerima pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi mengenai RUU Kejaksaan.

Baca juga: F-PDIP usulkan perluasan kewenangan penyidikan Kejaksaan

Baca juga: Baleg setujui harmonisasi RUU Kejaksaan


Dia menilai RUU tersebut sangat urgen namun perlu adanya sinkronisasi dua lembaga penyidikan yaitu Polisi dan Kejaksaan agar dapat saling menguatkan dalam penegakan hukum.

"Perlu sinkronisasi dua lembaga penyidikan antara Polisi dan Kejaksaan agar dapat saling menguatkan bukan saling melemahkan. Itu harapan kami pada RUU Kejaksaan," ujarnya.

Politisi PAN itu mengatakan ada beberapa catatan yang dapat dirangkum terkait pembahasan harmonisasi RUU Kejaksaan di Baleg dan akan ditindaklanjuti di Komisi III DPR.

Dia mencontohkan Fraksi PDIP mengusulkan perluasan kewenangan Kejaksaan hingga mencakup penyidikan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), HAM Berat, dan perusakan hutan.

"Selain itu terkait pengaturan penyadapan supaya lebih diatur kewenangan-nya," katanya.

Pangeran juga menjelaskan, Fraksi PKS juga mengusulkan pemilihan Jaksa Agung dilakukan seleksi melalui uji kelayakan dan kepatutan seperti calon hakim agung, calon Kapolri, dan calon anggota KPK.

Baca juga: Anggota Baleg usulkan calon Jaksa Agung jalani uji kelayakan di DPR

Baca juga: Pakar menilai RUU Kejaksaan meringankan kontrol terhadap Jaksa


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Puan Maharani dorong dapilnya lakukan percepatan vaksinasi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar