Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dalam ajang Piala Menpora 2021 berjalan dengan baik.

Penilaian tersebut disampaikan Listyo usai melakukan inspeksi mendadak di Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3).

"Ternyata pelaksanaannya sesuai dengan komitmen awal. Saya sengaja meninjau langsung tanpa pemberitahuan agar mengetahui situasi sesuai fakta yang ada," ujar Kapolri dalam konferensi pers daring setelah inspeksi.

Listyo menceritakan pengalamannya ketika masuk ke Stadion Manahan, Solo, yang sedang menggelar pertandingan Grup A Piala Menpora 2021 antara Tira Persikabo versus PSIS.

Baca juga: Tim Grup B Piala Menpora divaksinasi COVID-19 

Begitu tiba, Kapolri menjalani prosedur seperti yang diterima semua orang yang akan berada di stadion, yaitu menjalani tes usap (swab test) antigen.

Setelah dinyatakan negatif, Kapolri bersama yang lain wajib mengenakan gelang kertas di pergelangan tangan sebagai pendanda bahwa mereka telah diperiksa.

Kemudian, Listyo bergeser ke dalam dan mengecek ruang ganti serta lapangan. Pria asal Ambon itu pun melihat sendiri semua pemain, pelatih serta perangkat pertandingan melakukan prosedur kesehatan dengan baik, seperti menjaga jarak dan selalu menggunakan masker.

"Jadi, hanya pemain yang bertanding saja yang tidak menggunakan masker. Mereka telah di-swab sebelum masuk ke stadion. Pemain juga sudah divaksin dan semoga semua berjalan sesuai harapan," kata Kapolri.

Listyo pun menegaskan apa yang disaksikannya saat itu akan menjadi bahan penilaian untuk memberikan izin keramaian bagi pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2021.

Baca juga: PSSI sesalkan serangan rasisme kepada Patrich Wanggai 

Menpora Zainudin Amali yang turut mendampingi Kapolri mengapresiasi kehadiran Listyo Sigit di Piala Menpora 2021.

"Beliau bisa melihat sendiri, dan tentu dapat memberikan penilaian terhadap komitmen dari PSSI dan penyelenggara," tutur Zainudin.

Sementara Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap penilaian baik dari Kapolri terhadap penerapan protokol kesehatan di Piala Menpora 2021 dapat berujung ke pemberian izin keraiaman Liga 1 dan Liga 2.

"Kami berharap Pak Kapolri memberikan izin Liga 1 dan Liga 2," ujar Iriawan. 

Baca juga: Klasemen Grup D: Persiraja memimpin 
Baca juga: Persib Bandung tahan imbang Bali United 1-1 
Baca juga: Bupati Lamongan tidak bebani Persela di Piala Menpora 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021