Secara strategis diperlukan peningkatan status dari Lantamal menjadi Kodamar
Kupang (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mendorong pembentukan Komando Daerah Maritim (Kodamar) di Nusa Tenggara Timur (NTT), karena berbatasan wilayah secara langsung dengan dua negara, Australia dan Timor Leste.

"Mengingat NTT berbatasan darat dengan Timor Leste dan laut dengan Australia, sehingga secara strategis diperlukan peningkatan status dari Lantamal menjadi Kodamar," kata La Nyalla, saat saat berdiskusi dengan Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII Laksma TNI IG Kompiang Aribawa dalam kunjungannya ke Lantamal VII, di Kupang, Kamis.

Dalam kunjungan itu, La Nyalla didampingi senator asal NTT Abraham Liyanto dan Asyera RA Wundalero serta senator asal Aceh Fachrul Razy dan senator asal Lampung Bustami Zainuddin.

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan NTT memiliki letak geografi yang strategis, karena berbatasan wilayah laut secara langsung dengan Australia serta wilayah laut dan darat dengan Timor Leste.

"Apalagi di darat, sementara Kodam Udayana sendiri berada di Bali, sehingga di NTT perlu ada Pangkodamar, minimal TNI-AL kita di NTT dipimpin jenderal berbintang dua," katanya lagi.

La Nyalla pun langsung meminta Ketua Komite I Fachrul Razy yang juga hadir dalam pertemuan itu, untuk menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan Kementerian Pertahanan dan instansi terkait lainnya.

Ia mengatakan penguatan basis pertahanan dan keamanan di laut NTT akan meningkatkan kepercayaan investor asing untuk berinvestasi. Terlebih juga karena NTT masih memiliki banyak potensi yang belum digali, baik di darat maupun di sektor kelautan, katanya.

Danlantamal VII Laksma TNI IG Kompiang Aribawa mengapresiasi dukungan Ketua DPD RI beserta jajaran untuk memperkuat pertahanan wilayah NKRI di NTT.

"Ini luar biasa, tentu kami sangat hormat dan berterima kasih atas kunjungan Bapak Ketua DPD RI dan para senator, semoga apa yang kita direncanakan bisa berjalan sehingga bermanfaat bagi bangsa dan negara," katanya pula.
Baca juga: Lantamal VII Kupang dapat tambahan satu unit KRI
Baca juga: TNI wilayah NTT berkomitmen bantu Pemda sejahterahkan masyarakat

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021