Anindya Bakrie: Kadin harus lebih membumi rangkul UMKM

Anindya Bakrie: Kadin harus lebih membumi rangkul UMKM

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (kiri) berbincang dengan Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Pemberdayaan Daerah Anindya N Bakrie (tengah) dan Ketua Kadin Provinsi Sumatera Selatan Dody Reza Alex Noerdin (kanan) saat menghadiri pelantikan pengurus Kadin Sumatera Selatan di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (25/3/2021). Dodi Reza Alex Noerdin bedilantik sebagai Ketua Kadin Provinsi Sumatera Selatan periode 2020-2025. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Palembang (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) berkomitmen untuk merangkul semua pelaku usaha di daerah baik skala besar maupun UMKM.

Wakil Ketua Umum KADIN Anindya Novyan Bakrie mengatakan selama ini pelaku usaha memandang KADIN sebagai organisasi yang elit sehingga segan untuk bergabung dengan organisasi pengusaha itu.

“Saya ingin Kadin lebih membumi, bisa merangkul UMKM maupun pengusaha baru yang belum bergabung,” katanya setelah saat pelantikan pengurus Kadin Sumsel 2020—2025 di Palembang, Kamis.

Menurutnya, Kadin mempunyai tiga hal penting yakni maju bersama, naik kelas membangun infrastruktur konektivitas, dan merangkul semua pelaku industri.

Oleh karena itu, pengusaha di Tanah Air harus bersinergi untuk memulihkan perekonomian nasional. Tak terkecuali bagi sektor UMKM yang terdampak pandemi Covid-19.

Anindya menambahkan, saat ini ekonomi sudah membaik tetapi belum maksimal. Inilah tantangan Kadin untuk bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah.

“Kita harus optimistis. Alhamdulillah di Sumsel Kadin-nya sudah berhasil menciptakan iklim ekonomi yang stabil dan positif,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada pemda di Sumsel dalam upaya mempercepat pemulihan ekonomi.

“Kami mendorong pemerintah di Sumsel untuk melakukan vaksinasi, serta memaksimalkan konektivitas pembangunan infrastruktur seperti Pelabuhan Tanjung Carat dan jalan tol,” ujarnya.

Bupati Kabupaten Musi Banyuasin itu berharap pemda juga lebih memaksimalkan hilirisasi komoditas perkebunan seperti karet dan kelapa sawit.

“Hilirisasi ini juga terbukti berhasil mendorong perekonomian daerah,” ujarnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan dirinya menaruh harapan besar kepada Kadin Sumsel di bawah kepemimpinan Dodi Reza agar mewadahi semua unsur usaha di Sumsel.

Ia mengajak Kadin Sumsel untuk bersama-sama menjadi pemrakarsa Sumsel ekspor beras.

“Saya ingin bergandengan dengan Kadin Sumsel dalam kaitan sektor komoditas pertanian, seperti beras,” katanya.
Baca juga: Ekspor produk UMKM, Kadin Kediri teken MoU dengan Berdi Australia
Baca juga: Kadin apresiasi sertifikat halal gratis bagi UMKM dalam UU Ciptaker

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kadin Sultra gelar Pasar Murah Ramadhan untuk stabilkan harga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar