10 makanan yang membuat lebih lapar

10 makanan yang membuat lebih lapar

Ilustrasi telur putih (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Makan diperlukan untuk mendapatkan energi agar tubuh dapat bekerja, akan tetapi ada beberapa makanan yang tidak membuat kenyang dan justru merasa lapar setelah mengkonsumsinya.

Rasa lapar setelah makan akan membuat Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan lainnya dan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan serta masalah kesehatan.

Baca juga: Probiotik bisa kurangi cemas? Ini kata peneliti

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penambahan berat badan dapat menjadi akar penyebab dari banyak penyakit termasuk obesitas, diabetes, nyeri sendi, penyakit kardiovaskular dan lainnya.

Untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami rasa lapar yang tidak perlu apalagi setelah makan, berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang membuat Anda merasa lebih lapar setelah mengkonsumsinya, dilansir Boldsky, Jumat.

1. Yoghurt
Sebagian besar jenis yoghurt yang tersedia di toko mengandung kadar gula yang tinggi. Yoghurt memiliki lebih banyak pemanis buatan yang dapat meningkatkan gula darah tetapi hanya memberikan sedikit rasa kenyang.

Yoghurt Greek dapat membantu mengatasi rasa lapar lebih baik daripada yoghurt normal. Ini memiliki dua hingga tiga kali jumlah protein dibandingkan yoghurt biasa, yang juga dapat membantu kita merasa kenyang lebih lama.

2. Roti putih
Roti ini terbuat dari tepung putih dan lemak yang memberi lebih banyak kalori tetapi sedikit rasa kenyang. Oleh karena itu, alih-alih makan roti putih besar, pilihlah produk gandum untuk sarapan, yang akan melayani Anda jauh lebih baik.

Baca juga: Berapa kebutuhan protein untuk turunkan berat badan dan bangun otot?

3. Nasi putih
Nasi putih menaikkan gula darah dan menurunkannya. Akibatnya, Anda akan kembali merasa lapar. Alih-alih nasi putih, pilih nasi basmati atau beras merah karena tidak akan bereaksi seperti nasi putih, dan hindari nasi putih yang terlalu matang.

4. Pasta putih
Karena kurangnya serat pada pasta putih, bahkan setelah memakannya pun Anda bisa merasa lapar lagi. Pasta putih adalah sumber karbohidrat terkonsentrasi, meningkatkan gula darah, diikuti dengan penurunan tidak lama kemudian.

5. Putih telur
Putih telur sangat baik untuk kesehatan, tetapi memakannya tidak akan membuat Anda merasa kenyang dan dapat membuat Anda merasa lapar. Kuning telur adalah bagian protein dari telur, yang membantu Anda merasa kenyang (asam amino).


Baca juga: Viral diet ekstrem & tanpa sayur ala Tya Ariestya, ini kata ahli gizi

Baca juga: Orang obesitas tak pasti kena diabetes, tapi aman dari penyakit lain?

Baca juga: Kurangi asupan makanan olahan demi sehat, ini yang bisa Anda lakukan

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Di Pekalongan, Lebaran tak lengkap tanpa lopis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar