NBA

Tiga lemparan bebas Damian Lillard bawa Blazers atasi Heat

Tiga lemparan bebas Damian Lillard bawa Blazers atasi Heat

Arsip - Pebasket Portland Trail Blazers guard Damian Lillard (0) dijaga pemain Los Angeles Lakers LeBron James (23) dan Talen Horton-Tucker (5) babak laga NBA di Staples Center, California, AS (26/2/2021). ANTARA FOTO/ Kirby Lee-USA TODAY Sports via Reuters/aww.

Jakarta (ANTARA) -
Damian Lillard melakukan tiga lemparan bebas saat waktu tersisa satu detik, membawa tim tamu Portland Trail Blazers menuju kemenangan 125-122 atas Miami Heat pada Kamis malam (Jumat WIB).

Ketika skor imbang, pemain Miami Trevor Ariza melakukan kontak tipis pada lengan kanan Lillard saat bola melayang dalam upaya tripoin, memicu peluit dari wasit. Miami, tidak memperoleh tembakan pada penguasaan bola terakhirnya.

Laporan Reuters menyebutkan Blazers memperoleh kemenangan kendati tertinggal 10 poin pada kuarter keempat.

Baca juga: Clippers kembali kalahkan Spurs di Kota Alamo
Baca juga: Center Trail Blazers Jusuf Nurkic kembali tampil setelah cedera


Pemain Portland CJ McCollum mencetak 21 dari 35 poin --tertinggi dalam pertandingan-- pada kuarter pertama, namun ia hanya memperoleh enam poin pada paruh kedua.

Lillard, yang tidak mencetak angka pada kuarter pertama, finis dengan 22 poin dan sembilan assist. Ia memasuki pertandingan sebagai pemain di urutan kedua pencetak angka terbanyak dalam NBA dengan 30,1 poin per pertandingan.

Pemain Portland Enes Kanter menyumbang 18 poin dan 16 rebound, dan Carmelo Anthony menambah 20 poin.

Heat menyamai hasil terburuk dalam satu musim dengan kekalahan kelima beruntun mereka saat menyelesaikan laga kandang dengan hasil 0-4.

Miami dipimpin oleh Tyler Herro dan Bam Adebayo, masing-masing memperoleh 29 poin. Adebayo menambah sembilan rebound, tujuh assist dan lima blok. Herro menghasilkan delapan assist, dan Kendrick Nunn menyumbang 22 poin.

Heat bertanding hanya dengan sembilan pemain. Jimmy Butler, pemain top tim tersebut, absen karena sakit perut, dan rekor (menang-kalah) Heat 4-11 musim ini tanpa dia.

Miami juga tidak diperkuat Goran Dragic (cedera punggung) untuk pertandingan ketiga berturut-turut, dan pemain baru tim ini, belum diaktifkan. Miami berurusan dengan empat pemain pada Kamis untuk mendapatkan Victor Oladipo dan Nemanja Bjelica.

Baca juga: LaMarcus Aldridge putus kontrak dari Spurs, Heat siap menampung
Baca juga: Victor Oladipo hijrah dari Rockets ke Heat


Portland tanpa Zach Collins (pergelangan kaki), Jusuf Nurkic (betis), Gary Trent Jr. dan Rodney Hood, dengan dua terakhir akan ditukar ke Toronto Raptors dengan Norman Powell.

Blazers, dengan delapan poin cepat dari McCollum mengawali pertandingan dengan 10-2 dan memimpin 31-24 setelah kuarter pertama.

Terjadi enam kali pergantian keunggulan pada kuarter kedua sebelum Portland memasuki jeda pertandingan dengan unggul 59-58. McCollum memasuki waktu jeda dengan 29 poin dengan menghasilkan 11 dari 13 tembakan, termasuk enam dari delapan upaya dari area tripoin.

McCollum mereda pada kuarter ketiga -- empat poin berasal dari 2-dari-6 tembakan -- dan Miami menyamakan kedudukan 91-91 melalui Herro yang kebetulan menyarangkan lemparan tiga angka saat bel berbunyi.

Miami melaju dengan perolehan 17-3 pada kuarter keempat untuk memimpin 110-100 dengan waktu tersisa enam menit 19 detik. Namun, Portland merespons dengan hasil 11-0 untuk balik memimpin 111-110 dengan waktu tinggal 3 menit 48 detik.

Pertandingan sudah mendekati momen-momen terakhir sebelum Lillard memastikannya di garis pelanggaran.

Baca juga: Nuggets boyong Aaron Gordon dari Magic
Baca juga: Raptors tukarkan Norman Powell ke Blazers
Baca juga: Clippers rekrut Rajon Rondo dari Hawks lewat skema barter

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar