Dari pemantauan kami sejak dimulai Piala Menpora pada 21 Maret 2021, protokol kesehatan dijalankan sesuai janji, dan pemaparan PSSI, LIB, dan panitia
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melakukan pemantauan langsung penerapan protokol kesehatan penanganan COVID-19, pada pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 grup B, di wilayah Malang, Jawa Timur.

Zainudin mengatakan bahwa pemantauan tersebut dilakukan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 berjalan dengan baik, dan tidak terjadi penyebaran virus Corona.

"Dari pemantauan kami sejak dimulai Piala Menpora pada 21 Maret 2021, protokol kesehatan dijalankan sesuai janji, dan pemaparan PSSI, LIB, dan panitia," kata Zainudin, di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat.

Baca juga: Klasemen Grup A: PSIS pimpin grup setelah tekuk Persikabo

Zainudin mengatakan pemantauan penerapan protokol kesehatan tersebut, bukan hanya dilakukan pada saat pertandingan akan digelar saja. Akan tetapi, juga dilakukan di fasilitas penginapan, tempat latihan, termasuk stadion tempat pertandingan Piala Menpora.

Menurut Zainudin, sebelum berada di Malang, dirinya juga melakukan pemantauan pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021, di beberapa kota lain. Zainudin memastikan para pemain tertib menerapkan protokol kesehatan.

"Sengaja kami menyaksikan, mulai pemain turun dari bus. Sebenarnya mereka datang ini, di tempat masing-masing sudah melakukan swab," kata Zainudin.

Selain para pemain, lanjut Zainudin, swab antigen juga dilakukan pada seluruh ofisial tim, termasuk para pengemudi, dan pendamping pengemudi di dalam bus. Selain itu, pada tempat-tempat latihan juga telah dilakukan sterilisasi menggunakan disinfektan.

"Jadi kesimpulan saya, untuk panitia di Malang, itu melaksanakan protokol sesuai dengan apa yang mereka janjikan ketika memohon izin untuk kegiatan ini," kata Zainudin.

Baca juga: Menpora, Kapolri dan Ketum PSSI apresiasi sikap suporter Piala Menpora

Pada turnamen pramusim Piala Menpora 2021, dibagi dalam empat grup. Pada grup B yang digelar di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang, diisi oleh Persija Jakarta, Bhayangkara Solo FC, Borneo FC, dan PSM Makassar.

Pada Grup C di Bandung, diisi Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, PSS Sleman, dan Madura United, serta pada Grup D yang digelar di Sleman, akan diisi oleh Persib Bandung, Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, dan Bali United.

Sementara tim kebanggaan warga Malang Raya, Arema FC, tergabung pada Grup A pada Piala Menpora 2021, bersama PS Tira Persikabo 1973, PSIS Semarang, dan Barito Putera, dan bermain di Stadion Manahan, Solo.

Dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021 tersebut, penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 akan menjadi perhatian utama. Hal itu menjadi penentu untuk bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Baca juga: Kapolri sidak pertandingan sepak bola Piala Menpora di Solo
Baca juga: Kantongi 3 poin, Bhayangkara FC tak mau kendur


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021