Menparekraf dorong pelaku pariwisata manfaatkan Program Kartu Prakerja

Menparekraf dorong pelaku pariwisata manfaatkan Program Kartu Prakerja

Menparekraf Sandiaga Uno saat melepas 30 siswa di kawasan Danau Toba magang ke Poltekpar Bali, Jumat (26/3/2021). Pelepasan siswa tersebut di lakukan di Kaldera Danau Toba yang merupakan rangkaian kunjungannya ke kawasan Danau Toba. ANTARA/Juraidi/pri.

Kita membidik 20 sampai 25 persen program ini bisa diambil manfaatnya oleh pelaku pariwisata
Parapat (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di kawasan Danau Toba memanfaatkan Program Kartu Prakerja untuk pengembangan usahanya.

Sandiaga Uno di Parapat, Sumut, Jumat, mengatakan sedikitnya ada 34 juta lapangan pekerjaan atau mata pencarian di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kita membidik 20 sampai 25 persen dari Program Kartu Prakerja ini bisa diambil manfaatnya oleh para pelaku di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kita tentunya sangat mengharapkan pekerja di sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif benar-benar memanfaatkan program ini, " katanya.

Baca juga: Menparekraf tekankan kearifan lokal dalam pengembangan SDM pariwisata

Sandiaga menyampaikan hal itu saat peluncuran dan sosialisasi serta pendampingan pendaftaran Program Kartu Prakerja bagi pekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba yang dipusatkan di Inna Parapat.

Ia mengatakan, pihaknya sangat
mengapresiasi Program Kartu Prakerja yang diluncurkan di lima destinasi super prioritas yang dimulai di Danau Toba dengan harapan dapat memberikan harapan serta semangat untuk bangkit lepas dari dampak pandemi.

Program Kartu Prakerja tersebut, menurut dia, sebagai upaya membuka peluang, bukan hanya mencari kerja, namun juga menciptakan peluang, dan membuka lapangan kerja.

Baca juga: Menparekraf: Danau Toba tak kalah dengan Bali

Baca juga: Menparekraf lepas 30 siswa Danau Toba magang ke Bali


"Ini untuk memupuk motivasi agar masa depan kita di tengah pandemi ini semakin cerah dan juga untuk kebangkitan serta kepulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," katanya.

Ia juga menyampaikan harapan program tersebut dapat juga menyentuh desa-desa di sekitar Danau Toba, karena memang masyarakat di pedesaan juga merasakan dampak dari pandemi dan program tersebut juga dinilai sebagai peluang untuk meningkatkan infrastruktur jaringan di pedesaan.

"Sekali lagi kami sampaikan bahwa Kartu Prakerja ini adalah program yang bisa memastikan kita keluar dari pandemi. Jadi mari sama sama kita manfaatkan program ini dan kita tunggu peluncurannya di destinasi wisata lainnya, " katanya.

Baca juga: Penerimaan Kartu Prakerja Gelombang 16 dibuka siang ini

Baca juga: Presiden sebut lima sektor pelatihan Kartu Prakerja paling diminati

Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kasus COVID-19 nasional dan global, acuan pembukaan BaliĀ 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar