BMKG: Tujuh kabupaten di Provinsi Aceh siaga potensi banjir

BMKG: Tujuh kabupaten di Provinsi Aceh siaga potensi banjir

Grafik prakiraan cuaca berbasis dampak banjir dikarenakan potensi hujan lebat di Provinsi Aceh pada 27-28 Maret 2021. ANTARA/HO-BMKG

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca berbasis dampak wilayah yang berpotensi banjir atau banjir bandang di tujuh kabupaten Provinsi Aceh.

Potensi tersebut berlaku 27 Maret pukul 07.00 WIB hingga 24 jam berikutnya di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Gayo Lues, Aceh Barat Daya, Nagan Jaya, Aceh Tenggara dan Aceh Selatan.

"Daerah-daerah tersebut perlu mewaspadai adanya potensi hujan dengan intensitas lebat yang dapat menyebabkan terjadinya banjir atau banjir bandang," ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Adapun ketujuh wilayah kabupaten tersebut diminta siaga terhadap potensi bencana tersebut.

Baca juga: Banjir dan longor terjang lokasi wisata air panas di Pidie Aceh
Baca juga: Banjir rendam sembilan desa di Aceh Selatan


Sedangkan sejumlah kabupaten/kota di Provisi Aceh lainnya diminta waspada yakni Aceh Utara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Bireuen, Aceh Barat, Aceh Jaya, Aceh Besar, Aceh Timur, Aceh Singkil, Kota Batussalam dan Aceh Tamiang.

Detail informasi Prakiraan Berbasis Dampak BMKG tersebut dapat diakses melalui tautan https://signature.bmkg.go.id

BMKG memprediksi awal kemarau di Indonesia dimulai pada April 2021. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat dengan durasi singkat, angin kencang, puting beliung, dan potensi hujan es yang terjadi di masa pancaroba pada April hingga Mei 2021.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto pada Kamis (25/3) mengatakan kondisi cuaca pada sepekan ke depan (26 Maret -1 April) masih didominasi hujan ringan di sebagian besar Sumatera bagian utara, tengah, selatan dan timur, sebagian Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi bagian utara, selatan dan tenggara, Maluku bagian utara dan tengah, dan sebagian besar Papua.

Selain itu, masih ada beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Bali, NTB, NTT, Maluku Utara , Maluku, Papua dan Papua Barat.

Baca juga: BMKG sampaikan peringatan dini potensi hujan berdampak banjir di Aceh
Baca juga: Kerugian akibat bencana di Aceh pada Januari 2021 capai Rp11,6 miliar



 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gempa magnitudo 6,1 Maluku Utara, tidak berpotensi tsunami

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar