Bupati Dharmasraya Sutan Riska terpilih secara aklamasi pimpin Apkasi

Bupati Dharmasraya Sutan Riska terpilih secara aklamasi pimpin Apkasi

Ketua Apkasi terpilih periode 2021-2026 sekaligus Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. ANTARA/HO-Humas Dharmasraya.

Pulau Punjung (ANTARA) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska Tuanku Kerajaan, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) periode 2021-2026.

"Iya benar, terpilih secara aklamasi," kata Sutan Riska saat dihubungi dari Pulau Punjung, Jumat.

Ia mengatakan akan menjadikan Apkasi sebagai rumah aspirasi bagi seluruh bupati dalam membangun kepentingan daerah masing-masing, lanjut dia.

"Kami menampung seluruh program dan usulan dari seluruh bupati yang nantinya akan dituangkan ke dalam program Apkasi lima tahun ke depan, Insya Allah Apkasi lebih baik lagi," ujarnya.

Baca juga: Presiden wajibkan bupati gunakan produk lokal untuk proyek pemerintah

Ia mengemukakan sesuai visi akan membangun sinergi kerja antara pemerintahan kabupaten dengan pusat dan provinsi dengan semangat keberagaman budaya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi pada masa pandemi.

Dari visi di atas, kata dia melanjutkan akan membangun sinergi tata kelola pemerintahan yang baik sebagai upaya menyelaraskan program pemerintahan pusat dan kabupaten, terutama dalam bidang ekonomi, sumber daya manusia, dan pembangunan.

Kemudian, menyelaraskan program pembangunan infrastruktur pemerintah pusat dengan program kabupaten untuk mempermudah akses ekonomi dan orang sehingga pembangunan berjalan efisien dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Lalu, memperkuat hubungan perdagangan antar kabupaten agar mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Seterusnya, meningkatkan kerjasama bidang sosial-kemasyarakatan, budaya dan pariwisata untuk membenahi ekonomi terutama pemulihan ekonomi nasional akibat COVID-19.

Dan memperkuat kolaborasi antar daerah dalam rangka pelestarian nilai-nilai adat-budaya yang ada di seluruh kabupaten.

"Serta meningkatkan solidaritas antar daerah dalam penanggulangan bencana alam dan non-alam yang menimpa kabupaten, provinsi dan nasional," tambah dia.

Baca juga: Presiden minta bupati beri pelayanan untuk ekspor dan investasi
Baca juga: Presiden minta bupati kawal program vaksinasi dengan detail
Baca juga: Apkasi apresiasi POP gotong royong tingkatkan kualitas pendidikan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden minta perdagangan antar daerah diperkuat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar