Jakarta (ANTARA) - Runner-up MotoGP tahun lalu Franco Morbidelli mengawali musim 2021 dengan mencetak waktu tercepat dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) Grand Prix Qatar di Losail, Jumat.

Menggunakan motor Spek-A tim Petronas Yamaha SRT, sang pebalap Italia mencatatkan waktu 1:54,921, unggul 0,125 detik dari Aleix Espargaro yang meneruskan performa positif Aprilia sejak tes pramusim.

Jack Miller dengan motor Ducatinya membayangi pada peringkat tiga dengan margin 0,191 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Duet tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo dan Maverick Vinales masing-masing finis P4 dan P6, dipisahkan oleh juara dunia tahun lalu Joan Mir di P5.

Baca juga: "Ini seperti hari pertama masuk sekolah," kata Rossi jelang GP Qatar

Rekan satu tim Mir, Alex Rins membawa motor Suzuki kedua di P7, mengungguli pebalap pabrikan Ducati Francesco Bagnaia.

Valentino Rossi berjarak 0,5 detik dari Morbidelli untuk finis P9, sedangkan Miguel Oliveira dari tim KTM Factory Racing melengkapi peringkat 10 besar di FP1.

Johann Zarco, Miller, Pol Espargaro dan rookie Enea Bastianini sempat terjatuh tanpa cedera di sesi latihan selama 45 menit itu ketika suhu trek yang tinggi dibarengi dengan debu menyebabkan permukaan lintasan licin.

Test rider Honda Stefan Bradl sekali lagi ditugaskan menggantikan Marc Marquez yang masih menjalani pemulihan cedera tulang humerus dan bakal melewatkan dua seri pembuka di Qatar.

Vinales dan Alex Marquez hari ini tidak didampingi oleh kepala kru mereka, Esteban Garcia dan Christophe Bourguignon, setelah keduanya mendapati hasil tes PCR yang belum jelas setibanya di Qatar dan oleh karena itu masih menjalani karantina di hotel hingga tes PCR lanjutan Sabtu.

Baca juga: Lima poin yang menjadi sorotan jelang musim MotoGP 2021

Catatan waktu 10 besar FP1 GP Qatar
1. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) – 1:54,921
2. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,125
3. Jack Miller (Ducati Lenovo Team) + 0,191
4. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,292
5. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 0,334
6. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,388
7. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,432
8. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) + 0,444
9. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) + 0,498
10. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) + 0,824

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021