Kehadiran Brimob yang cepat sebagai bentuk kehadiran negara dalam tugas kemanusiaan seperti bencana banjir, tanah longsor dan sebagainya
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi dedikasi, loyalitas dan pengabdian Korps Brigade Mobil (Brimob) Polri dalam tugas-tugas kemanusiaan, sebagai perpanjangan tangan pemerintah hadir di tengah masyarakat.

"Kehadiran Brimob yang cepat sebagai bentuk kehadiran negara dalam tugas kemanusiaan seperti bencana banjir, tanah longsor dan sebagainya," kata Kapolri dalam keterangan tertulis, penutupan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Korps Brimob Tahun 2021 di Jakarta, Jumat.

Menurut Kapolri, Brimob Polri tidak hanya hadir dalam operasi kemanusiaan penanggulangan bencana alam dan menjaga Kamtibmas, tetapi juga ikut berpartisipasi mengawal program vaksinasi nasional.

Baca juga: Kapolri ajak warganet aktif tangkal isu dan pemberitaan hoaks COVID-19

Dalam menjalankan tugasnya, lanjut Sigit, Korps Brimpb Polri juga memperhatikan protokol kesehatan.

"Ini juga patut diapresiasi dan harus terus dipertahankan," kata jenderal bintang empat itu.

Dalam kesempatan itu, mantan Kabareskrim Polri itu juga mengingatkan agar Korps Brimob mampu menyesuaikan doktrin, peningkatan kemampuan dan pelatihan, mengingat medan tugas yang dinamis dalam rangka menjaga situasi kamtibmas.

"Tentunya selalu menjunjung tinggi HAM melalui transformasi Polri yang Presisi," kata Sigit.

Mantan Kapolda Banten itu juga meminta Korps Brimob agar terus meningkatkan soliditas dan sinergitas dengan TNI dalam setiap operasi bersama.

Menurut dia, dengan koordinasi dan sinergitas itu terjadi kekompakan dan menimbulkan jiwa korsa

“Ke depan Korps Brimob harus semakin profesional dan dicintai masyarakat dalam rangka memberikan pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta penegakan hukum," kata Sigit.

Dalam rangkaian penutupan Rakernis, Kapolri diajak melihat peragaan dalam hal perang kota. Kemudian Kakorbrimob Irjen Pol Anang Revandoko menyematkan brevet perang kota kepada Kapolri.

Baca juga: Bahas penanganan COVID-19, Kapolri lanjutkan silaturahmi ke ulama
Baca juga: Menpora, Kapolri dan Ketum PSSI apresiasi sikap suporter Piala Menpora

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021