Perlu membuat terobosan bagaimana Indonesia ini menjadi pusat dan masyarakat syariah dunia
Surabaya (ANTARA) - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyebut, industri syariah selama pandemi mampu tumbuh dibandingkan industri konvensional, contohnya kredit perbankan syariah yang tumbuh 9 persen.

“Melihat kondisi pertumbuhan kredit syariah tahun lalu yang cukup bagus, tahun ini bisa lebih besar lagi," kata Wimboh usai acara sarasehan bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tema "Menjadikan Jatim sebagai Basis Industri Halal" di Surabaya, Jumat.

Oleh karena itu, dia memperkirakan pertumbuhan ekonomi syariah tahun ini bisa tumbuh lebih tinggi dari capaian tahun lalu, hal ini sejalan dengan pemulihan ekonomi nasional sekaligus besarnya potensi berbagai industri berbasis syariah.

Ia mengakui, industri syariah punya potensi besar di Indonesia, karena memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Namun, kondisi penduduk Tanah Air perlu didorong agar lebih maju, sebab masih banyak Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Ini yang perlu dibina bersama dan kembangkan. Perlu membuat terobosan bagaimana Indonesia ini menjadi pusat dan masyarakat syariah dunia," katanya.

Ia menjelaskan, untuk menciptakan masyarakat yang syariah perlu disiapkan ekosistem mulai dari produknya hingga kualitasnya, dan saat ini di Jatim juga sudah mulai tercipta ekosistem berbasis syariah dengan potensi ribuan pesantren yang ada.

Namun demikian, ia menyadari, Indonesia masih kurang kuat dibandingkan dengan negara lain dalam pengembangan industri syariah, sebagai contoh usaha travel syariah yang dimiliki Thailand.

"Memang secara global, Indonesia yang memiliki penduduk muslim terbesar namun ironisnya masih kalah dengan negara-negara yang nonmuslim, travel syariah kalah dengan Thailand, begitu juga halal food kalah dengan Singapura, artinya Singapura merencanakan ini dengan baik," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam acara itu mengakui bahwa wilayahnya mempunyai 6.864 pondok pesantren yang menjadi kekuatan untuk didorong dalam pengembangan industri syariah.

“Secara spesifik bagaimana konsep halal yang mungkin bisa didiskusikan lebih detail kemudian. Saya juga telah mendorong agar UMKM/IKM bisa masuk ke Kawasan Industri Halal (KIH), ini akan menjadi pintu masuk untuk mendapatkan fasilitas sertifikat halal," katanya.

Baca juga: BSI siap dukung industri Halal dengan fokus UMKM
Baca juga: OJK : Penyaluran kredit perbankan sudah mulai naik
Baca juga: OJK awasi rendahnya penyaluran kredit bank swasta dan bank asing

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021