Jakarta sepekan, dari BOTI sampai 300 ribu orang rampung vaksinasi

Jakarta sepekan, dari BOTI sampai 300 ribu orang rampung vaksinasi

Kondisi rumah kontrakan yang terbakar di Pisangan Baru, Matraman, Jakarta, Kamis (25/3/2021). Kebakaran yang melanda empat rumah kontrakan itu menewaskan 10 orang. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai informasi di Jakarta dimonitor, direkam, kemudian disiarkan oleh tim redaksi Metropolitan Kantor Berita Antara sepekan terakhir (20-26 Maret 2021) dan masih layak dibaca untuk mengisi waktu Sabtu ini.

Mulai dari informasi dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI), kebakaran di Matraman yang tewaskan 10 orang, hingga 300 ribu orang telah rampung divaksinasi COVID-19.

Berikut rangkuman informasi di Jakarta yang disiarkan Antara pada sepekan terakhir (20-26 Maret 2021):

1. Dana BOTI tahun 2021 bagi rumah ibadah Jakarta ditetapkan Rp140 miliar

Jakarta (ANTARA) - Dana hibah Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) untuk tahun ini bagi rumah-rumah ibadah di Jakarta dari berbagai agama, ditetapkan Rp140,520 miliar.

Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda DKI Jakarta Muhammad Zen, di Jakarta, Sabtu, menjelaskan bahwa dana hibah BOTI sebesar Rp140,520 miliar pada 2021 ini akan disalurkan untuk 3.200 masjid, 2.000 mushala, 1.379 gereja, 263 wihara serta 19 pura dan kuil.

"Besaran dana hibah BOTI untuk tempat ibadah besar seperti masjid, gereja, pura, dan wihara sejumlah Rp2 juta per bulan. Sementara, untuk tempat ibadah sedang seperti mushala sebesar Rp1 juta per bulan," ujarnya.

Selengkapnya di sini.

2. Hampir rampung, revitalisasi TIM tahap satu capai 75 persen

Jakarta (ANTARA) - Revitalisasi pusat kesenian Taman Ismail Marzuki (TIM) tahap satu yang dikelola oleh salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yaitu PT Jakarta Propertindo (Jakpro) saat ini hampir rampung dengan total persentase pengerjaan mencapai 75 persen secara keseluruhan.

Project Director untuk revitalisasi TIM Luky Ismayanti mengatakan pengerjaan sebanyak 75 persen itu dikerjakan selama 87 minggu.

Selengkapnya di sini.

3. DKI Perpanjang PPKM Mikro untuk jaga penurunan kasus aktif

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro hingga 5 April 2021 untuk menjaga penurunan kasus aktif di Ibu Kota.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan PPKM Mikro sebelumnya telah menunjukkan hasil yang signifikan terhadap penurunan jumlah kasus aktif di Jakarta.

Selengkapnya di sini.

4. 10 orang tewas karena kebakaran permukiman padat penduduk di Matraman

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 10 orang tewas akibat kebakaran hebat di permukiman padat penduduk Jl. Pisangan Baru III RT.06/10, Matraman, Jakarta Timur, Kamis dini hari.

"Objek yang terbakar rumah kontrakan lima pintu," kata Kasi Operasional Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelematan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, Kamis.

Selengkapnya di sini.

5. Satpol PP sanksi tipiring pemilik penyewaan ondel-ondel untuk ngamen

Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) DKI Jakarta mulai memberlakukan sanksi tindak pidana ringan (tipiring) terhadap pemilik penyewaan ondel-ondel untuk ngamen di ibu kota.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan sanksi tipiring ini diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Selengkapnya di sini.

6. DKI jamin ketersediaan dan keamanan pangan jelang Ramadhan

Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan di Ibu Kota, menjamin ketersediaan dan keamanan pangan di Jakarta menjelang bulan Ramadhan yang diperkirakan jatuh pada pertengahan April 2021.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan sudah menjadi komitmen Pemprov DKI dan BUMD untuk menyediakan pangan dengan harga terjangkau.

Selengkapnya di sini.

7. DKI Jakarta salurkan bansos bagi 99.122 penerima manfaat

Jakarta (ANTARA) - Dinas Sosial DKI Jakarta menyalurkan bantuan sosial pemenuhan kebutuhan dasar (PKD) melalui Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) serta Kartu Anak Jakarta (KAJ) tahun 2021 bagi 99.122 penerima manfaat.

Penyaluran tersebut dilaksanakan secara seremonial dan serentak di beberapa wilayah di DKI Jakarta secara daring serta secara luring di Ruang Pola DKI Jakarta pada Jumat kepada penerima manfaat KLJ sebanyak 29 orang, KPDJ 10 orang serta KAJ sebanyak 186 orang.

Selengkapnya di sini.

8. Wagub DKI: Hampir 200 RW di Jakarta rawan kebakaran

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan hampir 200 Rukun Warga (RW) di Ibu Kota berstatus rawan kebakaran.

"Di Jakarta, bagi semua warga saya minta perhatian, khususnya di 198 RW yang rawan kebakaran," kata Riza di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

9. 300 ribu orang telah rampung proses vaksinasi di DKI

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan sebanyak 311.135 orang di Jakarta telah rampung menjalani proses vaksinasi (dua kali dosis) oleh Pemprov DKI Jakarta dari target 3.000.689 orang.

Jumlah 3.000.689 orang itu, adalah target saat ini yang menyasar tenaga kesehatan, lansia dan pelayanan publik.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Siang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar