Inspirasi tempat wisata di Surabaya, Yogyakarta dan Cirebon

Inspirasi tempat wisata di Surabaya, Yogyakarta dan Cirebon

Ilustrasi (HO/MG Motor Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Pariwisata belum pulih, tapi mulai ada geliat karena sebagian orang mau kembali jalan-jalan menaiki kendaraan pribadi yang dirasa lebih aman. Tren liburan yang diperkirakan masih berlangsung tahun ini adalah wisata jarak dekat yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Jika Surabaya, Yogyakarta dan Cirebon jadi salah satu tempat yang ingin Anda tuju saat ini, coba simak rekomendasi destinasi berikut, dikutip dari keterangan resmi MG Motor Indonesia, Sabtu.
  
Sejumlah wisatawan mengunjungi situs Gua Sunyaragi di Kesambi, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/12). Situs cagar budaya yang mulai dibangun pada 1529 dan dilanjutkan pembangunannya pada 1703 tersebut dahulu merupakan tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Kerajaan Islam Cirebon dan keluarganya. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc/17. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)


Baca juga: Wisata hantu berpeluang diminati di Indonesia

Baca juga: Berburu restoran "award-winning" di Singapura? Simak daftar berikut


Taman Wisata Goa Sunyaragi, Cirebon
Berkunjung ke situs bersejarah bisa jadi hal yang sangat menyenangkan, terlebih di Taman Wisata Goa Sunyaragi Cirebon yang menyuguhkan seni arsitektur dari abad ke-17. Lokasi ini dulunya merupakan tempat yang digunakan oleh para sultan untuk bermeditasi dan mengatur strategi perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Berkunjung ke Goa Sunyaragi ini akan memberikan pengalaman yang akan semakin memperkaya pengetahuan tentang sejarah Indonesia.
 
Pengunjung berada di kawasan wisata Pantai Kesirat, Girikarto, Panggang, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Selasa (6/2). Pantai Kesirat yang berlokasi di sisi barat Kabupaten Gunungkidul itu merupakan salah satu destinasi wisata yang masih alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/pd/18. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)


Wisata Tanjung Kesirat, Yogyakarta
Tidak seperti wisata pantai pada umumnya, Wisata Tanjung Kesirat yang terletak di sisi selatan Gunung Kidul ini menawarkan pemandangan tebing tinggi, riuh deburan ombak yang menghantam dinding tebing, dan tentunya titik-titik bersantai dan berfoto untuk dibagikan di media sosialmu.
 
Panorama Kawasan Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/8/2019). Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun dengan tinggi sekitar 120 meter yang berada di perbatasan Lumajang dengan Malang. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj. (ANTARA FOTO/ZABUR KARURU)


Ragam wisata alam di Surabaya
Mengunjungi Jawa Timur, kendaraan disetir menelusuri rimbunnya pepohonan di kanan kiri dan terasa begitu sejuk. Area Gunung Bromo masih tetap menyuguhkan perasaan yang begitu melegakan dengan padang pasir yang menghampar sejauh mata memandang.

Lebih jauh lagi ke selatan, ada destinasi yang juga eksotis di Lumajang bernama Air Terjun Tumpak Sewu. Berjarak sekitar 160 km dari pusat kota Surabaya, destinasi ini menawarkan keagungan formasi air terjun yang berjejer di tengah belantara hutan, menyembur hingga jauh ke bawah, menyajikan pemandangan yang tidak hanya menyegarkan mata tetapi juga menyejukkan jiwa.

Baca juga: Jelang akhir bulan, cek ragam promosi liburan yang menggoda

Baca juga: Nikmati suasana pantai dengan beragam fasilitas di Pasir Ris

Baca juga: Mengenal Dempsey, area dengan sport & wellness tourism di Singapura

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kunjungan di kawasan konservasi belum meningkat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar