Inggris dekati kesepakatan vaksin dengan Uni Eropa

Inggris dekati kesepakatan vaksin dengan Uni Eropa

Warga mengambil gambar saat Jembatan Northern Spire dihiasi lampu kuning, sebagai bagian dari perenungan untuk memperingati penguncian pertama di Inggris akibat wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Sunderland, Inggris, Selasa (23/3/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Lee Smith/WSJ/djo.

London (ANTARA) - Inggris hampir mencapai kesepakatan vaksin dengan Uni Eropa (EU) pada akhir pekan ini yang akan menghapus ancaman blok tersebut untuk menghentikan pasokan, The Times melaporkan pada Sabtu.

Berdasarkan perjanjian tersebut, EU akan mencabut ancamannya untuk melarang ekspor vaksin Pfizer-BioNTech ke Inggris, tambahnya.

Sebagai gantinya, pemerintah Inggris akan setuju untuk melepaskan beberapa pasokan jangka panjang vaksin Oxford-AstraZeneca yang sedianya akan diekspor dari Belanda, surat kabar tersebut melaporkan.

Pada Jumat (26/3), European Medicines Agency menyetujui tempat produksi Halix di Belanda yang membuat vaksin AstraZeneca dan fasilitas di Marburg di Jerman yang memproduksi suntikan BioNTech / Pfizer.

Penjelasan EU atas lokasi vaksin dilakukan ketika serikat pekerja mengandalkan mereka untuk meningkatkan pengiriman pada kuartal kedua dan mempercepat lambatnya penyuntikan di blok tersebut.

Peluncuran vaksin bermasalah di Eropa telah menyebabkan perselisihan dengan Inggris, yang telah mengimpor 21 juta dosis yang dibuat di UE, menurut seorang pejabat UE. Inggris mengatakan pihaknya melakukan negosiasi yang lebih baik dengan produsen dan mengatur rantai pasokan.

EU mengatakan bahwa Inggris harus berbagi lebih banyak, terutama untuk membantu menutupi kekurangan dalam kontrak pengiriman vaksin AstraZeneca.

Brussels dan London berusaha meredakan ketegangan pada Rabu, seraya menyatakan mereka bekerja "untuk menciptakan situasi sama-sama menguntungkan dan memperluas pasokan vaksin untuk semua warga negara kita".

Pemerintah Inggris, Pfizer-BioNTech, dan AstraZeneca tidak segera dapat dihubungi untuk memberikan komentar setelah jam kerja.

Sumber: Reuters

Baca juga: EU ke AstraZeneca: Tak ada ekspor vaksin sampai kontrak kami terpenuhi

Baca juga: EU akan beri sanksi pada 11 orang yang terlibat kudeta Myanmar

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BAPPENAS siapkan enam strategi pemulihan ekonomi pascawabah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar