Setelah pertandingan pertama kemarin melawan Madura United overall kondisi anak- anak tidak ada masalah, tidak ada cedera serius
Jakarta (ANTARA) - Para pemain PSS Sleman dinyatakan dalam kondisi yang baik pasca menjalani vaksinasi COVID-19 pada Kamis (25/3) di Bandung, dan sudah kembali menjalani latihan pada Sabtu.

Meski sempat merasakan reaksi lemas dan mengantuk, hal tersebut masih dikatakan dalam taraf yang wajar.

"Kalau keluhan dari teman-teman pemain sejauh ini tidak ada masalah. Cuma efek yang ringan-ringan saja setelah vaksin, seperti lemas dan lumayan mengantuk," jelas Fisioterapis PSS Sleman Luthfianda Amary, dikutip dari laman resmi klub, Sabtu.

Baca juga: Kalah dari Madura, Dejan sebut PSS butuh waktu ramu kekuatan

Karena itu, skuad Super Elang Jawa diberikan kesempatan beristirahat sehari setelah vaksin, yakni Jumat (26/3).

"Dan itu gunanya kemarin kami berikan 1×24 jam istirahat untuk teman-teman bisa beradaptasi tubuhnya dan mulai kembalikan kondisi lagi untuk hari ini," kata Luthfi, seusai latihan di Stadion GBLA Bandung.

Reaksi yang muncul tiap individu akan berbeda satu sama lain, maka dari itu Luthfi dan tim dokter PSS memberikan jangka waktu 2 hari untuk memantau reaksi lain yang akan timbul setelah para penggawa menerima vaksin tersebut.

Selain efek vaksin, kata dia, waktu dan intensitas latihan yang padat dan tinggi kadang menimbulkan potensi cedera pada pemain.

Beruntung, hal itu tidak terjadi pada PSS, Bagus Nirwanto dan kawan-kawan tetap dalam kondisi fisik yang baik dan siap berlaga kontra Persela Lamongan Minggu (28/3) nanti.

Baca juga: Tendangan bebas Jaimerson bawa Madura United kalahkan PSS Sleman 2-1

"Setelah pertandingan pertama kemarin melawan Madura United overall kondisi anak- anak tidak ada masalah, tidak ada cedera serius. Mereka bisa mengikuti latihan tim dan kita juga sedang persiapan menuju lawan Persela nanti," ujar Luthfi.

Luthfi pun terus mengingatkan para pemainnya untuk menjaga kondisi fisik dengan tidak tidur larut malam, makan asupan bergizi, dan memerhatikan hidrasi dalam tubuh.

"Terutama, air putih dalam tubuh karena hobi ngopi dan teh tidak akan menggantikan peran air putih di dalam tubuh. Status hidrasi penting apalagi buat atlet karena pengaruhnya akan ke kram, dehidrasi dan sebagainya. Lalu istirahat yang cukup dan makan bergizi," pungkasnya.

Pada Piala Menpora, PSS Sleman tergabung dalam Grup C bersama empat tim Jawa Timur, yakni Persebaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, dan Madura United​​​​​​ yang akan berlaga di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

PSS Sleman telah melakoni laga perdana Grup C melawan Madura United dengan kekalahan 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/3) lalu.

Laga kedua, PSS Sleman dijadwalkan bertanding lawan Persela Lamongan Minggu (28/3) nanti, sementara Madura FC bertemu Persebaya di hari yang sama.

Baca juga: PSS beri kesempatan pemain muda di Piala Menpora

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021