Delapan vitamin esensial yang diperlukan wanita 40 tahun

Delapan vitamin esensial yang diperlukan wanita 40 tahun

Ilustrasi - Makanan sehat. ANTARA/Shutterstock.

Jakarta (ANTARA) - Di atas usia 40 tahun, seorang wanita perlu mengkonsumsi lebih banyak vitamin dibanding dengan sebelumnya, terlebih saat perlahan-lahan memasuki masa menopause.

Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan wanita cenderung mengabaikan kesehatannya, seperti melewatkan makan, kurang asupan nutrisi yang tepat dan sebagainya.

Baca juga: Waspadai turun peranakan dan panggul usai melahirkan dengan bayi besar

Vitamin dan nutrisi memainkan peran utama dalam meningkatkan dan memelihara kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama setelah mencapai batas usia 40 tahun. Tubuh mungkin tidak bekerja dengan cara yang sama seperti pada usia 20 tahun.

Tubuh akan mengalami beberapa perubahan seperti berat badan yang bertambah lebih cepat, berisiko terkena penyakit kronis, gangguan pencernaan, ketidakseimbangan hormon dan lainnya.

Oleh karenanya diperlukan untuk meningkatkan asupan vitamin atau sumber makanan yang bernutrisi tinggi pada wanita di atas 40 tahun. Berikut adalah daftar vitamin esensial yang diperlukan oleh wanita berusia di atas 40 tahun, dikutip Boldsky, Minggu.

Vitamin B12

Vitamin terpenting untuk wanita di atas 40 tahun adalah B12 yang berfungsi untuk darah dan otak. Ketika Anda lebih muda, tubuh menyerap jumlah B12 yang diperlukan dari makanan, tetapi B12 lebih sulit diserap (karena kadar asam lambung menipis). Selain mengkonsumsi makanan yang kaya B12, Anda bisa mulai mendapatkan B12 dari suplemen atau multivitamin.

Kebutuhan vitamin B12 harian untuk wanita di atas 40 tahun adalah 2,4 mikrogram (mcg) sehari. Makanan sumber Vitamin B12 adalah daging (sapi, hati dan ayam), ikan (trout, salmon, ikan tuna, dan kerang), susu (rendah lemak), yogurt dan keju.

Baca juga: Masalah tiroid dan stres bisa jadi penyebab rendahnya libido seks

Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan berbeda dengan vitamin lainnya. Vitamin yang larut dalam lemak memainkan peran utama dalam penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan diabetes, penyakit jantung, multiple sclerosis, kanker payudara dan kolorektal. Anda harus memasukkan suplemen vitamin D ke dalam makanan Anda.

Kebutuhan vitamin D harian untuk wanita di atas 40 tahun adalah 15 mcg. Sumber makanan vtamin D adalah ikan (mackerel, salmon dan tuna, udang) jamur susu, mentega dan yoghurt, minyak hati ikan cod, telur, jus jeruk, oat, dan produk kedelai.

Kalsium

Kalsium disebut sebagai mineral tunggal yang paling penting untuk kesehatan tulang, terutama seiring bertambahnya usia. Kalsium juga memainkan peran utama dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Mineral ini sangat penting untuk menumbuhkan tulang baru dan menjaga kekuatan tulang serta berfungsinya jantung, otot, dan saraf serta meningkatkan pembekuan darah yang tepat.

Selain dari sumber makanan, Anda dapat mengonsumsi suplemen kalsium setelah berusia 40 tahun jika makanan kekurangan vitamin. Kebutuhan kalsium harian untuk wanita di atas 40 tahun adalah sekitar 1.200 mg. (1.000 mg sehari untuk wanita berusia 40 hingga 50 tahun, dan 1.200 mg untuk wanita berusia di atas 50 tahun).

Sumber makanan yang mengandung kalsium adalah susu, yoghurt, keju, susu almond, susu kedelai, sayuran berdaun hijau tua seperti kangkung, kacang polong dan kacang-kacangan lainnya.

Baca juga: Ahli Kandungan: Terapi hormon pada menopause berisiko kanker rahim

Baca juga: Seks lebih sering kurangi risiko menopause dini

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Lapas Kesambi Cirebon bagikan masker dan vitamin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar