Jakarta (ANTARA) - Kapala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan akan ada operasi rutin yang ditingkatkan pascaledakan bom di Makassar untuk mengamankan tempat ibadah umat Nasrani yang tengah bersiap memperingati wafat Isa Al Masih.

"Asisten Operasi Kapolri nanti akan memberikan petunjuk ke wilayah terutama yang berkaitan dengan wafatnya Isa Al Masih dan kemudian ada kegiatan paskah," kata Argo di Humas Polri Jakarta, Minggu.

Argo mengatakan kegiatan perayaan Paskah ini menjadi bagian pengamanan Polri yang dilakukan serentak di seluruh wilayah.

"Rangkaian ibadah ini tentunya menjadi bagian dari pengamanan yang kami lakukan yang nanti serentak kerjakan bersama," kata Argo.

Baca juga: Polri sebut korban luka ledakan Makassar ada 14 orang

Dalam kesempatan ini, Argo juga mengajak peran serta masyarakat ikut mengamankan dan menjaga keamanan serta ketertiban di lingkungan masing-masing.

"Kami pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut mengamankan atau memelihara Kamtibmas," kata Argo.

Selain itu, jajaran Polri juga melakukan pengawasan di wilayah-wilayah yang menjadi kantong terorisme yang pernah dilakukan penangkapan selama operasi pencegahan dan penanggulangan terorisme sejak Januari hingga Februari 2021.

"Tentunya bagian dari identifikasi penyidik nanti ada beberapa lokasi di seluruh Indonesia jadi fokus dari pada penyidik Densus, apakah nanti dari hasil keterangan yang kami himpun, nanti apakah ada kaitan dengan yang terjadi di Makassar," kata Argo.

Ledakan dilaporkan terjadi sekitar pukul 10.20 WITA di gerbang masuk Gereja Katedral Jalan Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Polri sebut pelaku ledakan bom bunuh diri Makassar berjumlah dua orang

Pada saat ledakan terjadi, Gereja Katedral sedang peralihan usai melaksanakan misa Minggu Palma.

Misa Minggu Palma yakni ibadah menandai awal pekan suci jelang kebangkitan Isa Al Masih.

Rangkaian ibadah gereja dilaksanakan Kamis (1/4) putih (penjamuan terakhir Isa), Jumat Agung (2/4), dan Sabtu (3/4) ibadah malam paska dan Minggu (4/4) ibadah misa Paskah.

Dilaporkan ada 14 korban dari unsur masyarakat dan keamanan gereja yang terluka akibat ledakan tersebut, seluruhnya dirawat di tiga rumah sakit.

Sementara untuk korban meninggal dunia diduga dari pelaku yang melakukan ledakan bom menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Polisi: Keamanan Gereja Katedral sempat halangi pelaku bom bunuh diri

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021