Jakarta (ANTARA) - Inggris memetik tiga poin saat menang atas tim tuan rumah Albania dengan skor 2-0 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup I zona Eropa di Arena Kombetare, Tirana pada Minggu malam WIB, demikian laporan laman resmi FIFA.

Inggris sempat mendapatkan kesulitan dalam pertandingan tersebut, tetapi perlahan mulai menemukan ritme permainan mereka.

Dua gol Inggris dicetak oleh Harry Kane di menit ke-38, Mason Mount di menit ke-63.

Baca juga: Denmark pesta delapan gol tanpa balas kontra Moldova

Albania menciptakan peluang pertama pada menit ke-12 melalui Myrto Uzuni, yang tendangannya di depan kotak penalti masih melambung dari gawang.

Inggris kesulitan mengembangkan permainan ketika pertahanan rapat Albania membuat Raheem Sterling dan Harry Kane sulit menemukan ruang.

Inggris baru mendapat peluang di menit ke-32 setelah bek kanan, Kyle Walker melepas sepakan keras mengarah ke gawang, tapi masih mampu diamankan kiper Berisha.

Tim tamu baru bisa mencetak gol di menit ke-38 setelah membangun serangan dari sisi kanan Albania.  Shaw melepas umpan lambung ke depan kotak penalti dan disambut tandukan terukur oleh Harry Kane untuk membuat Inggris unggul 1-0.

Inggris nyaris menggandakan gol di menit ke-42 ketika umpan silang dari Sterling dapat disambut Kane, tetapi upaya penyerang Spurs tersebut masih menghantam tiang.

Baca juga: Deschamps puji penampilan kiper veteran Kazakhstan

Di awal babak kedua, Inggris bermain lebih intens. Pada menit ke-51, Phil Foden punya peluang emas setelah mendapatkan umpan matang Sterling, hanya saja sepakan sang pemain masih bisa ditepis kiper Hysaj.

Mason Mount menambah keunggulan bagi Inggris di menit ke-63 memanfaatkan kesalahan lini belakang Albania, yang memungkinkan Kane mencuri bola dan memberi umpan ke Mount dan melesakkan bola dengan mudah ke gawang.

Setelah gol tersebut tidak banyak peluang tercipta dan skor 2-0 bertahan hingga peluit panjang.

Kemenangan itu membuat skuad asuhan Gareth Southgate memuncaki Grup I untuk sementara dengan enam poin dari dua kali menang. Sedangkan Albania di peringkat kedua dengan tiga poin, yang bisa saja disalip Polandia.

Susunan Pemain:
Albania 4-3-3: Berisha; Hysaj, Ismajli, Djimsiti, Veseli; Laci, Bare, (Memushaj 70') Memolla (Gjasula 59'); Uzuni, Cikalleshi (Manaj 59'), Broja (Lenjani 59')

Inggris 4-3-3: Pope; Walker, Maguire, Stones, Shaw; Foden (Lingard 81'), Rice, Phillips (Ward-Prowse 70'); Sterling, Kane, Mount

Baca juga: Ousmane Dembele sumbang satu gol saat Prancis atasi Kazakhstan
Baca juga: Portugal imbang 2-2 dengan Serbia, Jota cetak brace

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021