Tahun lalu adalah Paskah yang menyedihkan, tanpa orang, pintu tertutup. Tahun ini jauh lebih baik, pintunya terbuka, kami tidak memiliki banyak orang tetapi kami merasa lebih berharap bahwa semuanya akan menjadi lebih baik,
Yerusalem (ANTARA) - Dalam pemandangan yang sangat berbeda dari tahun lalu, Gereja Makam Suci Yerusalem dibuka untuk umum pada Minggu Palem (28/3).

Hal itu memungkinkan umat Kristiani untuk menghadiri misa pada awal Pekan Suci di situs di mana mereka percaya Yesus disalibkan dan bangkit dari kematian.

Dengan lebih dari setengah populasi Israel telah menerima dua dosis vaksin, pembatasan virus corona dilonggarkan untuk memungkinkan jemaat kecil berkumpul dengan tetap menjaga jarak.

Suasana perayaan tampak saat sejumlah umat Katolik Roma melewati pintu kayu besar gereja yang menjadi titik perhatian dari festival terpenting dalam kalender Kristen.

"Tahun lalu adalah Paskah yang menyedihkan, tanpa orang, pintu tertutup. Tahun ini jauh lebih baik, pintunya terbuka, kami tidak memiliki banyak orang tetapi kami merasa lebih berharap bahwa semuanya akan menjadi lebih baik," ujar Patriarkat Latin Yerusalem, Pierbattista Pizzaballa, kepada Reuters ketika dia muncul dari gereja yang diapit oleh para ulama dan umat yang membawa daun palem.

"Pesan Paskah adalah hidup dan cinta, terlepas dari semua tanda kematian, corona, pandemi, apa pun, kami percaya pada kekuatan cinta dan kehidupan," kata Pizzaballa.

Di bawah pembatasan COVID-19 Israel, patriarkat itu  kemudian memimpin jemaat yang mengenakan masker wajah dan memegang cabang pohon palem dan zaitun dalam prosesi Minggu Palem dari Bukit Zaitun ke Kota Tua.

Minggu Palem memperingati hari ketika Injil menyebut Yesus datang  ke Yerusalem dan dielu-elukan oleh orang-orang, hanya untuk disalibkan lima hari kemudian.

Tahun ini, umat Katolik Roma merayakan Paskah pada 4 April dan Kristen Ortodoks hampir sebulan kemudian, pada 2 Mei.

Sumber : Reuters

Baca juga: Pimpinan gereja Jerusalem serukan solusi adil Palestina-Israel
Baca juga: Israel izinkan umat Kristiani Gaza kunjungi Jerusalem

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021