IBL

Tuntaskan revans, Prawira Bandung bekuk Patriots 85-75

Tuntaskan revans, Prawira Bandung bekuk Patriots 85-75

Ilustrasi logo salah satu tim peserta Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021, Prawira Bandung. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Prawira Bandung menuntaskan revans mereka dengan membekuk Indonesia Patriots 85-75 dalam lanjutan seri ketiga Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di gelembung Robinson Resort, Bogor, Senin.

Poin yang diraih Prawira rata-rata dicetak melalui tembakan bebas yang mencapai akurasi hingga 70 persen (22-31), sementara Indonesia Patriots cuma melesakkan 56 persen (13-23), demikian catatan statistik IBL.

Sang kapten Diftha Pratama menjadi pencetak angka terbanyak bagi Prawira lewat raihan 20 poin, diikuti kontribusi 16 poin dari Abraham Damar Grahita.

Aldy Izzatur Rachman, yang memulai gim dari bangku cadangan, jadi penyumbang angka utama Patriots dengan 16 poin. Yudha Saputera berkontribusi 13 poin. 

Baca juga: Hasil IBL 2021: Pelita Jaya beri Louvre kekalahan kedua

Kedua tim mengawali laga dengan saling berbalas menyerang, setidaknya selama tujuh menit kuarter pertama berlangsung. Namun setelah skor sama kuat 13-13, pemain Patriots banyak membuat personal foul. Tiga tembakan gratis serta tripoin Abraham Damar membawa Prawira unggul 19-14 di kuarter pertama.

Patriots bangkit dan mengemas lima poin untuk memangkas jarak menjadi dua poin (19-21) di awal kuarter kedua. Para pemain timnas elite muda itu terus menusuk paint area lawan untuk menyamakan kedudukan 32-32 pada sisa waktu 2 menit 39 detik.

Namun tripoin dari Abraham Damar dan Arif Hidayat mampu membawa Prawira kembali memimpin 40-34 pada babak pertama pertandingan.

Selepas turun minum, laga kembali berlangsung sengit, skor kedua tim lagi-lagi sama kuat 51-51 pada sisa waktu 5 menit 23 detik. Prawira langsung mengemas 10 poin tanpa balas untuk menjauhkan margin menjadi 61-51. Keunggulan tersebut dijaga sampai kuarter ketiga ditutup dengan skor 66-57.

Baca juga: Satria Muda terlalu perkasa untuk NSH Mountain Gold 

Memasuki kuarter keempat, Patriots terus mencoba menyerang, baik di paint area maupun di luar busur. Namun akurasi tembakan mereka kurang baik sehingga 18 poin tambahan pada periode tersebut tak cukup membawa mereka membalikkan keadaan. Prawira menutup laga dengan kemenangan 85-75.

Prawira Bandung saat ini berada di puncak klasemen sementara Divisi Putih IBL 2021 dengan mengoleksi 19 poin. Indonesia Patriots (19) berada di bawahnya. Kedua tim sama-sama telah mencatatkan delapan kemenangan dan tiga kekalahan.

Prawira Bandung akan melakoni laga terakhir mereka di seri ketiga pada Rabu (31/3) melawan NSH Mountain Gold Timika. Sedangkan, Patriots akan menjalani pertandingan pertama seri keempat mereka dengan menghadapi Satria Muda Pertamina Jakarta pada 5 April. 

Baca juga: Prawira Bandung atasi perlawanan sengit Hangtuah 
Baca juga: Hasil IBL 2021: Pelita Jaya dan Patriots kembali ke jalur kemenangan 
Baca juga: Patriots tegaskan dominasi atas Hangtuah 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar