Hasto: Jangan berpuas diri meski elektabilitas PDIP di survei tinggi

Hasto: Jangan berpuas diri meski elektabilitas PDIP di survei tinggi

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat Webinar Repdem bertajuk 'Impor Beras dan Garam: Adu Nasib Petani vs Pemburu Rente, di Jakarta, Kamis (25/3/2021). ANTARA/HO-PDIP/am.

Jakarta (ANTARA) -
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto meminta seluruh kader PDIP tidak cepat berpuas diri dengan elektabilitas PDIP yang tinggi berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga survei.
 
"Dengan elektoral yang tinggi tersebut, seluruh anggota dan kader PDIP diminta untuk tidak cepat puas diri dan sebaiknya lebih memilih bekerja keras membantu rakyat, dan tiada hari tanpa pergerakan politik," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.
 
Survei Charta Politika Indonesia mendapati bahwa PDIP sebagai partai politik yang akan paling banyak dipilih oleh masyarakat untuk pemilihan legislatif (pileg). PDIP menerima perolehan suara sampai 20,7 persen dari 1200 responden yang ditanya pada 20 hingga 24 Maret 2021.
 
Partai Gerindra mendapati tempat kedua dengan tingkat keterpilihan 14,2 persen dan diikuti PKB 9,7 persen.
Menurut dia, hampir seluruh lembaga survei yang kredibel karena metodologinya, menempatkan elektoral PDI Perjuangan tertinggi.
 
"Tentunya kami bersyukur, tetapi elektoral sejati partai berada di hati rakyat, karena survei hanyalah alat ukur sesaat, dan yang penting kerja di tengah rakyat dengan penuh keyakinan politik," katanya.
 
Dikatakannya, hasil survei itu jauh lebih obyektif, daripada survei yang secara spesifik dilakukan hanya untuk kluster pemilih tertentu seperti pemilih muda, perempuan ataupun segmen pemilih lainnya.
 
Menurut politisi asal Yogyakarta itu, elektoral tertinggi tentu menambah optimisme karena seluruh pergerakan partai yang menempatkan proses rekrutmen, pendidikan politik, kaderisasi, dan gerak kebudayaan khususnya untuk kaum muda, perempuan, dan keterlibatan di tengah rakyat mengatasi pandemi COVID-19 sangat diapresiasi publik.
 
Tingginya elektoral PDI Perjuangan tersebut, kata dia, menjadi daya pemacu untuk menyatu dengan rakyat, membangun harapan rakyat di dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini.
 
"Faktor soliditas kepemimpinan partai, dan aktivitas partai seperti penghijauan, dan gotong royong mengatasi pandemi juga menjadi sebab tingginya elektoral PDI Perjuangan," kata Hasto.
 
PDIP pun menyadari bahwa Pemilu masih tiga tahun lagi. Meski semua hasil survei selalu menempatkan PDI Perjuangan sebagai partai dengan elektabilitas tertinggi dengan angka di kisaran 20,7 persen - 31,3 persen, namun peta sebenarnya ditentukan pada Pemilu 2024.
 
"Semua anggota dan kader partai wajib meningkatkan disiplin, memperkuat kesadaran ideologi, termasuk mencegah perbuatan yang tidak terpuji," katanya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PDIP Bali tabur bunga ke laut untuk 53 awak KRI Nanggala

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar