Layanan pemeriksaan GeNose bisa diakses di Stasiun Wates, Klaten, dan Purwosari mulai Selasa
Yogyakarta (ANTARA) - Jumlah stasiun di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta yang memberikan layanan pemeriksaan GeNose ditambah tiga stasiun sehingga total terdapat enam stasiun di wilayah kerja tersebut yang bisa melayani pemeriksaan COVID-19 untuk syarat bepergian menggunakan kereta api.

"Layanan pemeriksaan GeNose bisa diakses di Stasiun Wates, Klaten, dan Purwosari mulai Selasa (30/3)," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Senin.

Sebelumnya, pemeriksaan GeNose hanya bisa diakses di tiga stasiun yaitu Stasiun Tugu Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan. Tarif yang ditetapkan untuk pemeriksaan tersebut tetap sama yaitu Rp30.000 per penumpang.

Penambahan layanan pemeriksaan GeNose di tiga stasiun di Daop 6 tersebut merupakan bagian dari penambahan layanan di 21 stasiun secara serentak seperti di Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Blitar, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, dan Probolinggo.

Penambahan layanan GeNose tersebut merupakan hasil kerja sama antara KAI dan Indofarma melalui anak perusahaannya Farmalab.

Dengan tambahan tersebut, maka saat ini sudah ada 44 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose. Pemeriksaan menggunakan GeNose untuk penumpang kereta api sudah diawali pada Februari, salah satunya dari Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Penyediaan GeNose yang terus diperbanyak merupakan komitmen kami dalam memberikan pelayanan bagi penumpang untuk memenuhi syarat bepergian menggunakan kereta api,” katanya.

Supriyanto mengatakan, penumpang antusias memanfaatkan pemeriksaan menggunakan GeNose karena proses pemeriksaannya mudah, cepat, dan biayanya pun cukup murah sehingga terjangkau dan tidak memberatkan calon penumpang kereta api.

“Syarat bisa mengakses layanan GeNose di stasiun adalah menunjukkan tiket atau kode booking. Hasil pemeriksaan GeNose di 44 stasiun dapat dimanfaatkan untuk naik kereta jarak jauh,” katanya.

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 340.000 pemeriksaan yang dilakukan menggunakan GeNose di seluruh stasiun.



Baca juga: KAI buka layanan GeNose di empat stasiun Daop Purwokerto

Baca juga: KAI Madiun mulai layanan tes GeNose 19 di Stasiun Jombang 20 Maret

Baca juga: KAI: Kenaikan tarif tes GeNose di stasiun untuk tingkatkan pelayanan

 

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021