Los Angeles (ANTARA News) - Pierce Brosnan, aktor yang pernah berperan sebagai James Bond dalam film "Golden Eye", "The World Is Not Enough" dan "Die Another Die" menegur presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dalam iklan layanan masyarakat untuk International Fund for Animal Welfare (IFAW).

Dalam iklan layanan masyarakat itu Brosnan mengingatkan Obama akan janji yang pernah dia buat saat kampanye pemilihan presiden mengenai perlindungan kehidupan laut.

"Sebagai kandidat, anda berjanji untuk menghentikan perburuan ikan paus ilegal, dan kami menyambut kepemimpinan anda, tetapi laporan terbaru mengungkapkan pemerintahan anda mendukung usulan internasional yang memberi ijin bagi Jepang, Islandia dan Norwegia untuk membunuh ikan paus," kata Brosnan seperti dikutip oleh Star Pulse.

Brosnan mengatakan pemerintah AS harus menghentikan pembantaian ikan paus.

"Mereka (pemerintah AS) kelihatannya meluluskan Jepang dan Norwegia untuk pergi dan memburu ikan paus kembali. Itu artinya mereka bisa pergi kesana dan mulai membunuh ikan paus. Itu dalam penangguhan sehingga ditentukan berapa banyak yang boleh mereka bunuh," katanya.

"Biasanya, tidak ada pembenaran untuk membunuh mahkluk ini. Secara ilmiah, tidak ada pembenaran. Jadi bila anda ingin melakukan sesuatu tentang menghentikan pembantaian ikan paus, kemudian anda harus mengangkat telepon dan memanggil Gedung Putih," tambah aktor asal Irlandia itu.

Pada Mei 2009, Brosnan dan istrinya Keely Shaye Smith yang merupakan anggota kehormatan IFAW datang ke Washington DC untuk bergabung dengan anggota IFAW lain, mereka meminta AS memperbarui kepemimpinan mereka dalam konservasi ikan paus.
(ENY/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010