Kelurahan Koja vaksin 26 lansia di RPTRA Sindang Raya

Kelurahan Koja vaksin 26 lansia di RPTRA Sindang Raya

Penjemputan warga lanjut usia (lansia) yang dilakukan secara kolaboratif antara petugas kelurahan Koja, Kader PKK, Dasawisma, LMK, FKDM, dan pengurus RT dan RW agar mengikuti vaksinasi COVID-19 di RPTRA Sindang Raya, Jakarta Utara, Senin (29/3/2021). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Utara.

Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Koja memberikan vaksinasi COVID-19 kepada 26 warga lanjut usia (lansia) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Sindang Raya, Jakarta Utara, Senin.

Lurah Koja Frimelda Novarita mengatakan pemilihan RPTRA Sindang Raya sebagai lokasi vaksinasi karena lokasinya berada di lingkungan pemukiman penduduk.

"Tujuannya untuk memudahkan lansia ke lokasi vaksinasi, karena lokasi RPTRA berdekatan dengan RW 009, 010 dan RW 002. Sasaran kami adalah warga dari tiga RW tersebut, tapi kami juga menerima lansia dari RW lainnya," kata Frimelda.

Adapun 26 orang lansia tersebut mendapatkan vaksin COVID-19 setelah dinyatakan sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit penyerta (komorbid) melalui pemeriksaan (screening) oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kelurahan dan Puskesmas Kecamatan Koja.

"Hari ini ada 43 lansia yang hadir. Sebanyak 26 lansia sudah mendapatkan vaksin COVID-19, untuk 17 orang lainnya tidak bisa vaksin karena komorbid," kata Frimelda.

Baca juga: Polres Metro Jakarta Utara atur jadwal vaksinasi dalam dua gelombang
Baca juga: Wali Kota apresiasi kolaborasi vaksinasi dinamis di Jakarta Utara


Ia menambahkan, pihaknya masih berupaya meningkatkan jumlah warga lansia yang mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut.

Frimelda telah melakukan sosialisasi yang berisi imbauan sekaligus ajakan kepada warga agar mendaftarkan orang tua atau diri sendiri ke situs pendaftaran yang disediakan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Selain itu, kami juga melakukan penjemputan dengan kursi roda buat lansia yang tidak bisa berjalan. Buat seluruh warga Kelurahan Koja, mari bersama-sama memerdekakan diri dari COVID-19, kami siap menjemput dimana saja buat lansia yang berminat mengikuti vaksinasi," kata dia.

Frimelda menyampaikan terima kasih kepada warga yang ikut berkolaborasi meningkatkan kekebalan kelompok di lingkungan Kelurahan Koja.

Ia juga berterima kasih kepada para petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Koja, Puskesmas Kelurahan Koja, Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Dasawisma, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), juga pengurus Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang terus berupaya menjalankan kegiatan vaksinasi di RPTRA Sindang Raya.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dinkes Palangka Raya bersama Babinsa Babinkamtibmas lakukan serbuan vaksinasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar