Mensos siapkan psikolog pulihkan trauma korban kebakaran kilang

Mensos siapkan psikolog pulihkan trauma korban kebakaran kilang

MensosTri Rismaharini (kiri) saat mendengarkan cerita para pengungsi korban kebakaran kilang Pertamina Balongan di Kabupaten Indramayu, Jabar, Senin (29/3/2021) malam. ANTARA/Khaerul Izan.

Kejadian kebakaran yang begitu besar ini tentu membuat trauma warga sekitar, terutama yang rumahnya sangat dekat dengan lokasi kebakaran.
Indramayu, Jabar (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan mengirim lima psikolog yang akan diturunkan untuk memberi bantuan pemulihan trauma kepada para korban kebakaran kilang Pertamina Balongan, di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Saya juga lagi kirim psikolog dari Kabupaten Temanggung, Jateng untuk ikut memberikan bantuan 'trauma healing'," kata Mensos di Indramayu, Senin malam saat mengunjungi pengungsi korban kebakaran kilang Pertamina Balongan.

Mensos mengatakan kejadian kebakaran yang begitu besar ini tentu membuat trauma warga sekitar, terutama yang rumahnya sangat dekat dengan lokasi kebakaran.

Untuk itu, kata dia, perlu adanya psikolog yang bisa membangkitkan kembali kepercayaan warga dan melakukan pemulihan trauma kepada para korban.

"Yang paling utama untuk penanganan para pengungsi ini yaitu menghilangkan trauma," kata mantan Wali Kota Surabaya itu.

Ia menambahkan psikolog yang didatangkan juga bukan dari Kemensos saja, akan tetapi pihak Pertamina pun sudah menerjunkan psikolog yang memberikan bantuan pemulihan trauma.

"Dari Pertamina juga sudah menyiapkan psikolog untuk memberikan trauma healing," katanya.

Mensos mengunjungi dua tempat pengungsian korban kebakaran kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu dan juga menyempatkan diri untuk berdialog dengan para pengungsi.

Baca juga: 932 orang mengungsi akibat kebakaran Kilang Pertamina Balongan

Baca juga: Risma kunjungi pengungsi kebakaran kilang Pertamina Balongan

Baca juga: Pertamina isolasi area Tanki T-301 Balongan dengan penanganan cepat


Baca juga: Pertamina sebut pemadaman api Kilang Balongan menggunakan air laut

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penundaan santunan kebakaran Balongan termasuk maladministrasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar