Masjid Raya Baiturrahman jadi pusat vaksinasi massal 3.000 warga Aceh

Masjid Raya Baiturrahman jadi pusat vaksinasi massal 3.000 warga Aceh

Ilustrasi - Vaksinator mempersiapkan dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. FOTO ANTARA/Khalis.

Petugas pelayanan publik, lansia dan kelompok rentan, memiliki risiko tinggi ditularkan dan menularkan virus corona karena itu perlu langkah percepatan cakupan melalui vaksinasi massal
Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh bakal melaksanakan penyuntikan vaksin Sinovac secara massa di halaman Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, yang ditargetkan menyasar 3.000 orang seperti pelayan publik, lanjut usia, kelompok rentan lainnya.

“Petugas pelayanan publik, lansia dan kelompok rentan, memiliki risiko tinggi ditularkan dan menularkan virus corona karena itu perlu langkah percepatan cakupan melalui vaksinasi massal,” kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Senin.

Ia menyebutkan vaksinasi massal di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) itu akan digelar pada Selasa (30/3) 2021. Petugas pelayanan publik yang menjadi saran utama seperti TNI-Polri, aparat hukum, petugas pajak dan petugas imigrasi.

Kemudian guru, dosen, wartawan, pejabat Pemerintah Kota Banda Aceh, dan petugas yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat lain, termasuk para pedagang di Pasar Aceh.

Sedangkan kelompok lansia merupakan penduduk kelompok umur 60 tahun ke atas termasuk jamaag calon haji 2021. Calon jamaah haji umur di bawah 60 tahun digolongkan kelompok masyarakat rentan karena kemungkinan akan menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Mekanismenya juga sangat kita permudah. Cukup dengan menunjukkan kartu tanda penduduk kepada petugas di meja pendaftaran dan mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun,” katanya.

Dia menjelaskan vaksinasi COVID-19 di Masjid Raya Baiturrahman bakal dipisah antara laki-laki dan perempuan. Pelayanan vaksinasi tersebut diberikan mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

“Apabila tidak sempat dilayani di MRB, vaksinasi COVID-19 dapat dilakukan di sarana kesehatan terdekat seperti Puskesmas, klinik kesehatan, dan rumah sakit,” demikian Saifullah Abdulgani.

Baca juga: Cegah Covid-19, Masjid Raya Baiturrahman disemprot desinfektan

Baca juga: Wisatawan domestik padati Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Baca juga: Warga diajak berdoa bersama cegah corona masuk ke "Serambi Mekkah"

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gajah liar serang asisten pawang di Cot Girek Aceh Utara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar