Nike gugat perusahaan pembuat 'Sepatu Setan' dengan Lil Nas X

Nike gugat perusahaan pembuat 'Sepatu Setan' dengan Lil Nas X

Sepatu Nike "Satan Shoes" Air Max 97 (Twitter/@saint)

Sudah ada bukti kebingungan dan penjatuhan (merek dagang) yang signifikan yang terjadi di pasar
Los Angeles (ANTARA) - Perusahaan pembuat sepatu atletik Nike Inc pada Senin (29/3) menggugat perusahaan yang berbasis di New York yang memproduksi "Satan Shoes" (sepatu setan) yang konon mengandung setetes darah manusia.

Produk "Satan Shoes" itu merupakan bagian dari kolaborasi dengan penyanyi rap "Old Town Road", Lil Nas X.

Nike mengatakan dalam gugatan tersebut bahwa perusahaan, MSCHF Product Studio Inc, melanggar dan menjatuhkan merek dagangnya dengan sepatu bertema setan berwarna hitam-merah, yang mulai dijual secara daring pada Senin.

Namun, penyanyi rap Lil Nas X tidak disebutkan sebagai pihak tergugat dalam gugatan hukum tersebut.

Baca juga: NBA luncurkan jersey baru "Nike NBA Earned Edition 2020-21"
Baca juga: Iklan Nike Jepang angkat perundungan, warganet heboh soal rasisme


Sepatu tersebut adalah sepatu kets Nike Air Max 97 yang dibuat khusus yang mengandung tinta merah dan "setetes darah manusia" di solnya, menurut sebuah situs web yang mendeskripsikan 666 pasang sepatu edisi terbatas itu.

Bagian belakang salah satu sepatu bertuliskan "MSCHF" dan yang lainnya bertuliskan "Lil Nas X".

Beberapa  media melaporkan bahwa sepatu tersebut terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit dengan harga 1.018 dolar AS (sekitar Rp14,72 juta) per pasang. Lil Nas X mengatakan di Twitter dia akan memilih penerima sepasang sepatu ke 666 dari para pengguna media sosial yang mengedarkan salah satu cuitannya.

Nike, dalam gugatannya yang diajukan ke pengadilan federal di New York, mengatakan sepatu itu diproduksi "tanpa persetujuan dan otorisasi Nike", dan Nike "sama sekali tidak terkait dengan proyek ini."

"Sudah ada bukti kebingungan dan penjatuhan (merek dagang) yang signifikan yang terjadi di pasar, termasuk seruan untuk memboikot Nike sebagai tanggapan atas peluncuran Satan Shoes MSCHF berdasarkan keyakinan keliru bahwa Nike telah mengizinkan atau menyetujui produk ini," demikian isi gugatan tersebut.

Nike meminta pengadilan untuk segera menghentikan MSCHF dalam memenuhi pesanan sepatu dan meminta persidangan juri untuk meminta ganti rugi.

Perwakilan Lil Nas X dan MSCHF tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Penyanyi rap pemenang Grammy Lil Nas X, 21 tahun, pada Jumat (26/3) merilis video untuk lagu baru "Montero (Call Me By Your Name)" di mana ia menari dengan sebuah karakter bertanduk setan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Lil Nas rilis sepatu "setan" dengan kandungan darah manusia pada sol
Baca juga: Nike dapat kritik di media sosial China atas pernyataan soal Xinjiang

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar