Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Nusa Tenggara Timur, menyatakan tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di daerah ini mencapai 80,4 persen atau 10.030 orang dari 12.469 pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Setiap hari dipastikan selalu ada pasien COVID-19 yang sembuh dari infeksi virus corona di NTT. Kami bersyukur karena tingkat sembuhkan pasien di NTT sangat tinggi," kata Sekretaris Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Nusa Tenggara Timur, David Mandala  di Kupang, Selasa.

David Mandala menegaskan, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di NTT hingga saat ini mencapai 12.469 orang dan pasien yang berhasil sembuh dari paparan COVID-19 mencapai 10.030 orang.

Baca juga: Bertambah 49, positif COVID-19 di NTT naik menjadi 12.244 orang
Baca juga: Satgas: Semua kecamatan di Kota Kupang masih zona merah COVID-19


Menurut dia, tingginya tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di provinsi berbasis kepulauan ini karena pasien patuh terhadap anjuran tim medis selama perawatan dan karantina berlangsung.

Apalagi menurut dia, tim medis secara ketat melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pasien COVID-19 yang melakukan karantina mandiri mulai dari pemberian obat termasuk mengingatkan pasien untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 selama karantina berlangsung.

Ia menambahkan, pada Senin (29/3) ada penambahan 116 orang pasien COVID-19 di NTT yang dinyatakan sembuh berasal dari Kota Kupang 85 orang, Kabupaten Sumba Barat 15 orang, Kabupaten Ende sembilan orang.

Selain itu kata David Mandala, pasien yang sembuh di Kabupaten Sumba Timur terdapat tiga orang, Kabupaten Flores Timur satu orang dan Kabupaten Kupang tiga orang.

Baca juga: 1.224 pasien COVID-19 di Kota Kupang masih dirawat/karantina
Baca juga: Puluhan imigran asal Afghanistan di Kupang terpapar COVID-19

 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021