Azis Syamsuddin: 9 fraksi sepakati pimpinan Pansus RUU Otsus Papua

Azis Syamsuddin: 9 fraksi sepakati pimpinan Pansus RUU Otsus Papua

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin memberikan keterangan pers usai memimpin Rapat Internal Pansus Otsus Papua, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (30/3/2021). ANTARA/Imam B/am.

Sebanyak 9 fraksi bulat mendukung kepemimpinan Pansus RUU Otsus Papua
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan sembilan fraksi telah menyepakati susunan pimpinan Panitia Khusus (Pansus) revisi UU nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

"Sebanyak 9 fraksi bulat mendukung kepemimpinan Pansus RUU Otsus Papua," kata Azis Syamsuddin usai menghadiri rapat internal Pansus Otsus Papua di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan dalam rapat tersebut telah disepakati Ketua Pansus Otsus Papua adalah Komarudin Watubun (F-PDI Perjuangan) dengan didampingi tiga Wakil Ketua yaitu Agung Widyantoro (F-Partai Golkar), Yan Mandenas (F-Gerindra), dan Marthen Douw (F-PKB).

Azis mengatakan proses pemilihan pimpinan Pansus awalnya diwarnai perbedaan pandangan di antara fraksi-fraksi namun akhirnya disepakati nama-nama tersebut.

Baca juga: Paripurna DPD RI setujui pandangan Komite I terkait RUU Otsus Papua

Baca juga: Paripurna DPR setujui susunan keanggotaan Pansus RUU Otsus Papua


"Diawal rapat ada sedikit perbedaan pandangan namun ketika memasuki tahap kedua, 9 fraksi bulat mendukung kepemimpinan Pansus," ujarnya.

Dia berharap Pansus Otsus Papua bisa segera bekerja mulai hari ini untuk menuntaskan pembahasan RUU tersebut.

Menurut dia, kinerja Pansus ditunggu masyarakat untuk memberikan sumbangsih bagi penyelesaian persoalan di Papua dan membuat strategi pertumbuhan dan pembangunan di wilayah tersebut.

"RUU sudah ada tinggal nanti fraksi-fraksi persiapkan pembahasan lalu diikuti pemerintah. Karena pemerintah sudah memberikan Surat Presiden (Surpres) yang merupakan amanat Presiden membahas RUU ini dengan parlemen," katanya.

Rapat pemilihan unsur pimpinan Pansus Otsus Papua tersebut dipimpin Azis Syamsuddin dan dilakukan secara tertutup.

Baca juga: Mendagri sebut Papua contoh pemda yang salah susun RAPBD

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ketua DPR: Jangan sekedar tanam tapi rawat pohon

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar