Surabaya (ANTARA News) - Provinsi Jawa Timur menyabet 33 penghargaan Adipura Tahun 2010 dari Kementerian Lingkungan Hidup.

"Perolehan penghargaan ini menjadikan Jatim sebagai juara umum di bidang lingkungan hidup tingkat nasional dan Adipura itu diserahkan langsung oleh Presiden RI di Jakarta," kata Kepala Bidang Komunikasi Lingkungan dan Peran Serta Masyarakat Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jatim, Putu Artha Giri, di Surabaya, Selasa.

Ia menyebutkan, ada empat kategori yang diraih 33 kabupaten/kota di Jatim itu, yakni kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil.

Untuk kategori kota metropolitan diraih Kota Surabaya. Kategori kota sedang diraih Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kabupaten Lamongan, Kota Kediri, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo.

Sementara untuk kota kecil diraih Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Blitar, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Situbondo.

Dibandingkan tahun sebelumnya, penghargaan Adipura tahun ini bagi kabupaten/kota di Jatim lebih banyak. Tahun lalu Jatim hanya meraih 25 penghargaan Adipura.

Adipura diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota yang mampu mewujudkan daerahnya menjadi bersih, teduh, indah, dan sehat secara keberlanjutan.

Beberapa indikasi penilaian untuk program pelestarian lingkungan hidup tersebut, meliputi tata ruang terbuka hijau seperti taman kota, luas hutan kota, jenis, jumlah, dan kerapatan pohon, kebersihan sarana umum seperti rumah sakit dan sekolah, serta adanya tempat untuk pengolahan limbah bahan beracun berbahaya.

Selain itu, penilaian juga pada proses pemilahan dan pengolahan sampah, perairan terbuka, dan perkantoran.

Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BLH Jatim akan menggelar Kemah Hijau di Arboretum Sumber Brantas, Kota Batu pada 23-26 Juni 2010.
(M038/Z002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010