sesuai janji beliau pada masa kampanye
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan Presiden Joko Widodo akan memenuhi janji kampanyenya soal Manajemen Talenta Nasional.

"Tadi kami baru saja melakukan rapat terbatas terkait Manajemen Talenta Nasional. Manajemen Talenta Nasional adalah salah satu yang ingin dihadirkan bapak Presiden sesuai janji beliau pada masa kampanye," ujar Suharso dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa.

Suharso mengatakan pemerintah tengah menyusun grand design untuk memastikan Manajemen Talenta Nasional bisa terbentuk, termasuk bidang-bidang yang telah ditetapkan untuk menjadi ruang lingkup Manajemen Talenta Nasional.

Baca juga: Pemerintah siapkan Kepres talenta nasional kembangkan inovasi
Baca juga: Kemendikbud: Talenta digital dukung pertumbuhan ekonomi nasional


Bidang-bidang tersebut terbagi menjadi tiga yakni bidang riset dan inovasi, bidang seni dan budaya, kemudian bidang olahraga.

Di bidang riset dan inovasi, Manajemen Talenta Nasional diharapkan bisa mendorong munculnya anak-anak bangsa berprestasi yang dapat meraih penghargaan yang menjadi sebuah recognisi internasional atas sebuah bangsa.

Di bidang seni dan budaya, diharapkan juga semakin banyak muncul sebuah karya yang dikagumi dan diakui dunia internasional.

Sedangkan di bidang olahraga, Manajemen Talenta Nasional selain diharapkan dapat membantu merekrut potensi-potensi atlet muda, juga dapat memastikan konsistensi kehadiran negara atas jaminan masa tua para atlet.

Baca juga: Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial fokus ke talenta digital
Baca juga: BPPT: Manajemen talenta nasional ciptakan SDM dengan posisi strategis

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021