Kita perlu ikut mendorong akses adil dan merata terhadap vaksin yang berkualitas
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan akses dan distribusi vaksin COVID-19 harus adil dan merata di seluruh dunia meskipun berdasarkan data PBB, ada sekitar 130 negara belum menerima satupun dosis vaksin COVID-19.

"Kita perlu ikut mendorong akses adil dan merata terhadap vaksin yang berkualitas, terjangkau dan efektif bagi semua negara dan semua orang," kata Puan dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa.

Hal itu dikatakannya dalam pertemuan virtual dengan Presiden Inter- Parliamentary Union (IPU) Duarte Pacheco, Selasa.

Baca juga: WHO apresiasi kepemimpinan Indonesia dorong kesetaraan akses vaksin

Puan berharap organisasi parlemen dunia (IPU) harus mencegah penguasaan vaksin sepihak oleh negara-negara tertentu. Selain itu menurut dia perlu dicegah terjadinya "vaccine nationalism" yang membatasi negara berkembang untuk mendapat akses kepada vaksin.

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan bahwa dunia tidak akan aman dari virus sampai semua negara terbebas dari virus tersebut.

“Distribusi vaksin yang merata, menjadi salah satu katalisator dalam meningkatkan prospek pemulihan ekonomi dunia," ujarnya.

Baca juga: Anggota DPR minta pemerintah memastikan ketersediaan vaksin COVID-19

Dia menilai IPU perlu membantu akselerasi pemulihan ekonomi global dengan upaya membangun lebih baik lagi atau "build back better" pada masa pasca-pandemi.

Caranya menurut Puan, IPU dapat bekerja sama dengan berbagai organisasi ekonomi internasional untuk mendorong koordinasi kebijakan makro ekonomi berbagai negara.

“IPU juga perlu berperan dalam mengatasi dampak sosial pandemi seperti meningkatnya kemiskinan, ketimpangan, terhambatnya akses terhadap kesehatan dan pendidikan," katanya.

Baca juga: DPR dorong percepatan pengembangan Vaksin Merah Putih dan Nusantara

Dalam pertemuan itu juga dibahas kerja sama Indonesia dengan IPU dan juga rencana Indonesia menjadi tuan rumah IPU Assembly tahun 2022.

Puan menginformasikan kepada Presiden IPU Duarte Pacheco tentang rencana DPR RI mengadakan 1st Global Parliamentary Meeting on Achieving the SDGs, di Jakarta, pada Agustus 2021.

Baca juga: Satgas sebut larangan mudik bukan keputusan mudah

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021