Kualifikasi Piala Dunia 2022

Portugal puncaki Grup A usai kalahkan Luksemburg 3-1

Portugal puncaki Grup A usai kalahkan Luksemburg 3-1

Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Luksemburg dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Grup A di Stade Josy Barthel, Luksemburg pada 31Maret 2021. ANTARA/REUTERS/PASCAL ROSSIGNOL.

Jakarta (ANTARA) - Portugal berhasil memetik tiga poin keduanya usai mengalahkan Luksemburg 3-1 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup A zona Eropa di Stade Josy Barthel, Luksemburg, Rabu dini hari, demikian laporan laman resmi FIFA.

Tim tamu sempat unggul lebih dahulu lewat Gerson Rodrigues. Namun, Portugal membalas tiga gol lewat Diogo Jota, Cristiano Ronaldo dan Joao Palhinha.

Luksemburg mampu memberi perlawanan ke Portugal di 20 menit pertama. Beberapa percobaan dilakukan skuad asuhan Luc Holtz, tetapi masih bisa diredam barisan pertahanan Portugal.

Baca juga: Ban kapten Ronaldo dilelang untuk bantu biaya perawatan bayi
Baca juga: Belanda hancurkan Gibraltar tujuh gol tanpa balas


Portugal baru bisa memberikan ancaman pertama di menit ke-24 lewat tembakan Cristiano Ronaldo dari sudut sempit, tetapi bola masih bisa diamankan kiper Anthony Moris.

Gol pertama diciptakan oleh Luksemburg pada menit ke-30 setelah Gerson Rodrigues menanduk bola sepak pojok Danel Sinani. Skor 1-0 untuk tuan rumah.

Portugal coba membalas di menit ke-36 via tembakan luar kotak penalti Bernardo Silva, tetapi masih bisa ditepis.

Portugal akhirnya bisa menyamai kedudukan berkat sundulan Diogo Jota, yang memanfaatkan umpan Pedro Neto. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Baca juga: Kroasia rebut posisi puncak Grup H seusai bekuk Malta
Baca juga: Belgia babat habis Belarusia, Wales petik kemenangan perdana


Di babak kedua, tim tamu bisa berbalik memimpin. Cristiano Ronaldo menjebol gawang Luksemburg lewat sepakan dari dalam kotak penalti, yang membuat Portugal unggul 2-1.

Ronaldo dan kawan-kawan langsung banyak menghadirkan peluang. Pada menit ke-52, Nuno Mendes melepaskan tembakan yang masih bisa di selamatkan kiper Luksemburg kerja keras.

Diogo Jota nyaris bikin gol keduanya di menit ke-59 saat sepakannya membentur tiang gawang setelah meneruskan umpan Renato Sanches.

Portugal terus menekan dan menciptakan menghadirkan beberapa peluang lewat usaha Ronaldo.

Usaha-usaha Portugal akhirnya membuahkan hasil. Kali ini sundulan Joao Palhinha di menit ke-80 membuat mereka unggul 3-1 atas Luksemburg.

Tuan rumah kesulitan membalas di sisa waktu, ditambah dengan kartu kuning kedua Maxime Chanot. Skor 3-1 untuk kemenangan Portugal atas Luksemburg bertahan hingga laga bubar.

Kemenangan ini membuat Portugal memuncaki Grup A dengan 7 poin usai menyamai poin Serbia, tetapi unggul selisih gol (+3 banding +2). Serbia sendiri sebelumnya cuma menang 2-1 atas Azerbaijan.

Baca juga: Portugal imbang 2-2 dengan Serbia, Jota cetak brace
Baca juga: Slovenia terpeleset di Siprus


Susunan Pemain:

Luksemburg 4-2-2: Moris; Jans, Chanot, Gerson, Mica (Marvin 65'); Martins (Skenderovic 87'), Thill (Sebastian 58'), Barreiro; Vincent (Maurice 58'), Rodrigues, Sinani (Muratovic 87')

Portugal 4-2-3-1: Lopes; Mendes, Dias, Fonte, Cancelo; Silva (Palhinha 68'), Sanches; Neves (Oliveira 89'), Felix (Neto 41'), Ronaldo; Jota (Rafa 68')

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Jembatan gantung terpanjang dibuka di Portugal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar