Lebak (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh di Kabupaten Lebak, Banten, bertambah 66 orang sehingga menjadi total 2.689 orang dari sebelum 2.623 orang.

"Kami melihat perkembangan tingkat kesembuhan pasien Corona meningkat," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, Rabu.

Peningkatan angka kesembuhan pasien COVID-19 tentu merupakan keberhasilan, sehingga terus dioptimalkan pelayanan 3T yakni Testing (pemeriksaan), Tracing (pelacakan), dan Treatment (pengobatan).

Selama ini, pelayanan 3T dinilai lebih efektif untuk menemukan kasus baru, sehingga bisa dilakukan rujukan dan tidak menularkan ke orang lain.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Lebak Banten bertambah 24 orang

Baca juga: 10 petugas puskesmas di Lebak positif COVID-19


Apabila, mereka mengalami gejala langsung dirujuk ke RSUD Banten dan jika tanpa gejala menjalani isolasi mandiri.

"Kami optimistis angka kesembuhan meningkat, sehingga ke depan Lebak bisa terbebas dari penyakit yang mematikan itu," katanya menegaskan.

Sementara itu, Komandan Lapangan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Lebak Anong mengatakan pihaknya hingga kini terus melakukan patroli dengan menyisir ke lokasi sarana umum, seperti terminal, pasar, stasiun, kawasan alun-alun guna membubarkan kerumunan.

Begitu juga tempat-tempat pesta perkawinan dan pertokoan dilakukan pengawasan agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi menularkan pandemi itu.

Selain itu juga masyarakat harus disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan dan memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan.

"Kita tidak henti-hentinya untuk membangun kedisiplinan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro," katanya.

Berdasarkan data COVID-19 Kabupaten Lebak sampai hari Rabu tercatat 3.062 orang, 2.689 orang dinyatakan sembuh, 316 orang isolasi dan dirawat serta 57 orang meninggal.*

Baca juga: Pemkab Lebak sosialisasi vaksinasi COVID-19 di permukiman Badui

Baca juga: Pengamat sebut Jokowi lebih cepat tangani pandemi COVID-19

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021