Iconomics beri penghargaan terhadap perempuan pelaku usaha

Iconomics beri penghargaan terhadap perempuan pelaku usaha

Founder & CEO Iconomics Bram S Putro membuka Iconomics Inspiring Women 2021. di Jakarta, Rabu (31/3/2021) (Antara/HO/Iconomics)

Jakarta (ANTARA) - Iconomics memberikan penghargaan terhadap sejumlah perempuan pelaku usaha yang dinilai mampu memberikan inspirasi bagi kaum wanita di Indonesia melalui gelaran Iconomics Inspiring Women 2021.

Menurut Founder & CEO Iconomics Bram S Putro di Jakarta, Rabu, Iconomics Inspiring Women adalah sebuah apresiasi kepada pemimpin/founder/direktur perempuan terbaik di Indonesia 2020 yang secara aktif berkontribusi bagi institusi tempat mereka beraktivitas dan menjadi inspirasi bagi banyak orang.

"Penghargaan ini diharapkan memberikan inspirasi bagi pemimpin/founder/direktur perempuan di Indonesia untuk merumuskan strategi bisnis dan strategi kebijakan sesuai karakterstik dan kekuatan sebagai tokoh wanita menghadapi masalah-masalah di masa krisis pandemi COVID-19 serta setelah pandemi selesai ke dapannya," kata Bram saat membuka Iconomics Inspiring Women 2021.

Wanita, lanjutnya, memiliki peran penting dalam dinamika pembangunan, dalam berbagai sektor. Keterlibatan wanita dalam berbagai sektoral terlihat menunjukkan tren yang semakin naik.

"Bahkan komitmen dari banyak perusahaan memberikan ruang yang lebih besar untuk wanita, khususnya pada posisi-posisi yang strategis," katanya.

Bram menyatakan, di Indonesia, sudah semakin banyak wanita-wanita yang menduduki posisi dan peran penting. Baik di pemerintahan, lembaga maupun perusahaan.

Tentunya hal tersebut menjadi kabar baik bagi Indonesia, tambahnya, namun, munculnya wanita-wanita hebat tersebut harus dibarengi dengan inspirasinya.

"Mereka juga harus menjadi role model. Tidak hanya wanita hebat saja yang dibutuhkan di Indonesia, tapi harus semakin banyak wanita-wanita yang bisa menginspirasi baik untuk wanita maupun pria," katanya.

Untuk memilih tokoh Inspiring Women 2021, pihaknya melakukan proses seleksi, selain itu guna menentukan pemimpin/founder/direktur perempuan yang terpilih, tim riset melakukan penelitian dan didukung data media monitoring pada periode Januari-Februari 2021.

Kriteria umum dalam pemilihan pemimpin/founder/direktur perempuan di Indonesia adalah wanita dengan warga negara Indonesia; pernah bekerja di industri yang sama/sejenis minimal 3 tahun;

Kemudian dikenal memiliki inovasi atau mendorong perubahan yang dapat mendisrupsi kegiatan yang dilakukan sebagai business as usual.

Selain itu dikenal sebagai tokoh yang memiliki ide baru atau pemikiran baru yang berdampak positif bagi bidang kegiatannya baik di lingkuan industri atau masyarakat sekitarnya.

Sebanyak 46 tokoh perempuan yang memperoleh penghargaan ini diantaranya Neny Asriay selaku Direktur Bisnis PT BNI Life Insurance, Nicke Widyawati (Direktur Utama Pertamina), Noni Purnomo (Direktur Utama PT Blue Bird), Diajeng Lestari (Founder Hijup), Caroline Riady (CEO Siloam Hospital) dan Fetty Kwartati (CEO PT Sarinah).

Selain itu ada sejumlah nama dari pemerintahan seperti Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), Ida Fauziah (Menteri Tenaga Kerja), Puan Maharani (Ketua DPR) dan Iriana Widodo (Ibu Negara).
Baca juga: 83 perusahaan masuk Iconomics Syariah Award 2021
Baca juga: Kemenperin-IWAPI dorong wirausaha perempuan kembangkan IKM
Baca juga: Perempuan pelaku UMKM perlu dapat dukungan tambahan, ini alasannya

Pewarta: Subagyo
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pandemi belum usai, PHRI sebut tahun 2021 lebih berat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar