Laporan dari China

Hainan prioritaskan beasiswa untuk pelajar Indonesia

Hainan prioritaskan beasiswa untuk pelajar Indonesia

Ilustrasi - Mahasiswa Indonesia memperkenalkan Indonesia kepada murid-murid sekolah dasar di Beijing yang berkunjung ke Kedutaan Besar RI di Beijing, China, pada 28 September 2019. ANTARA/M. Irfan Ilmie

Kami sudah bertemu dengan pihak Hainan. Mereka ingin memprioritaskan program beasiswanya untuk pelajar dari Indonesia. Terserah kita mau mengajukan berapa
Beijing (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Hainan, China, memprioritaskan program beasiswa bagi pelajar asal Indonesia.

"Kami sudah bertemu dengan pihak Hainan. Mereka ingin memprioritaskan program beasiswanya untuk pelajar dari Indonesia. Terserah kita mau mengajukan berapa," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan pada Kedutaan Besar RI di Beijing, Yaya Sutarya, Rabu.

Beasiswa tersebut untuk pendidikan kejuruan, Bahasa Mandarin, program perkuliahan S1, S2, dan S3.

"Mereka lebih memprioritaskan Indonesia karena mahasiswa kita di China dikenal rajin dan tidak banyak masalah," ujarnya.

Sementara itu, di provinsi hasil pemekaran Provinsi Guangdong yang namanya sama dengan nama Pulau Hainan tersebut terdapat satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), yakni Hainan College of Foreign Study (HCFS).

HCFS memiliki satu mitra perguruan tinggi di Indonesia, yakni Universtas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, dengan membuka program kuliah "double degree".

Di provinsi tropis yang beribukota di Sanya itu juga terdapat dua perguruan tinggi, yakni Hainan Normal University dan Hainan Tropical Ocean University juga berkeinginan membuka program studi BIPA.

Pemerintah Provinsi Hainan dalam beberapa tahun terakhir sedang gencar melakukan pembangunan, terutama di sektor pariwisata.

Pulau Hainan memiliki kemiripan dengan Indonesia karena sama-sama beriklim tropis.


Baca juga: KBRI Beijing-ANTARA buka kelas penulisan Bahasa Indonesia di China

Baca juga: KBRI Beijing buka kelas Bahasa Indonesia minat khusus

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar