Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Persija Jakarta melangkah ke babak perempat final setelah mempecundangi Bhayangkara Solo FC dengan skor 2-1 pada laga akhir Grup B turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (31/3).

Bhayangkara Solo FC sesungguhnya hanya membutuhkan skor imbang untuk melaju ke babak perempat final Piala Menpora 2021. Sementara Persija Jakarta harus meraih poin penuh untuk mengamankan posisi pada Grup B turnamen pramusim Piala Menpora setelah PSM Makassar memastikan diri melaju ke babak berikutnya.

Sejak menit awal, kedua tim bermain dengan tempo yang sangat tinggi. Keduanya berusaha mencetak gol pada menit-menit awal pertandingan. Pertandingan terakhir pada Grup B Piala Menpora 2021 itu menjadi penentu bagi kedua tim untuk melaju ke babak perempat final Piala Menpora 2021.

Baca juga: Persija incar kemenangan di laga terakhir Grup B Piala Menpora 

Bhayangkara Solo FC dan Persija Jakarta saling melakukan jual beli serangan, dan permainan berjalan cukup keras. Pada menit awal, terjadi banyak pelanggaran dari kedua tim yang memperebutkan tiket ke babak perempat final tersebut.

Hingga akhirnya pada menit ke-27, TM Ichsan memberikan umpan lambung kepada Ezechiel Ndouasel, yang disambut dengan sundulan keras dan merobek gawang Persija Jakarta yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa. Bhayangkara Solo FC unggul 1-0 atas Macan Kemayoran.

Kedua tim terus menekan dan menciptakan beberapa peluang. Permainan Bhayangkara Solo FC dan Persija Jakarta berjalan dengan tempo tinggi. Pada menit ke-43, pemain Persija Jakarta harus dihadiahi kartu kuning akibat melakukan pelanggaran yang cukup keras terhadap Andik Vermansyah.

Tidak lama berselang, pemain Persija Jakarta Heri Susanto ditarik keluar dan digantikan oleh Riko Simanjuntak. Memasuki injury time, umpan Riko Simanjuntak dari sayap kanan Persija Jakarta disundul oleh Osvaldo Haay. Namun, sundulan pemain Persija bernomor punggung 46 itu masih mampu ditepis penjaga gawang Indra Adi Nugraha.

Aksi penjaga gawang Bhayangkara Solo FC Indra Adi pun kembali menyelamatkan gawang tim berjuluk The Guardian itu. Hingga turun minum, skor belum berubah 1-0 untuk keunggulan Bhayangkara Solo FC atas Persija Jakarta.

Memasuki babak kedua, Persija Jakarta, yang tertinggal dan harus memenangkan pertandingan untuk melaju ke perempat final Piala Menpora 2021, langsung tampil menyerang.

Baca juga: Bhayangkara Solo FC akan tekan kekuatan Persija 

Tim yang diperkuat Marko Simic itu berusaha menyamakan kedudukan pada menit awal babak kedua. Namun, rapatnya barisan pertahanan Bhayangkara Solo FC belum mampu ditembus skuad Macan Kemayoran.

Akhirnya pada menit ke-52, bola mati di sisi kiri pertahanan Bhayangkara Solo FC mampu dieksekusi dengan baik oleh Riko Simanjuntak menjadi sebuah umpan emas. Bola lambung itu disambut sundulan Osvaldo Haay, yang akhirnya bersarang di gawang Bhayangkara Solo FC. Kedudukan berubah menjadi 1-1.

Menit ke-56, Bhayangkara Solo FC melakukan pergantian pemain, Indra Kahfi Ardhiyasa masuk menggantikan Jajang Mulyana. Tempo dan tensi permainan kedua tim terus meningkat, baik Persija ataupun Bhayangkara Solo FC saling serang. Ada beberapa peluang, namun belum mampu dikonversi menjadi gol.

Pada menit ke-70, Bhayangkara Solo FC melakukan pergantian pemain. Dendy Sulistyawan dan Osas Ikpefua menggantikan Adam Alis Setyanto dan Andik Vermansyah. Kemudian, Persija Jakarta juga melakukan pergantian pemain, Sandi Darman Sute masuk menggantikan Tony Sucipto.

Hingga menit ke -75, belum terlihat adanya penurunan tempo permainan. Bahkan, kedua tim sama-sama melakukan berbagai pelanggaran untuk menggagalkan serangan lawan.

Menit ke-77, pemain Macan Kemayoran Marc Klok, melalui tendangan keras dari luar kotak penalti, mampu menaklukkan penjaga gawang Bhayangkara Solo FC Indra Adi Nugraha. Persija Jakarta akhirnya membalikkan keadaan dan unggul 2-1. Usai terciptanya gol tersebut, tempo permaianan mulai menurun. 

Baca juga: Persija bakal tampil maksimal untuk kalahkan Bhayangkara Solo FC

Bhayangkara Solo FC berusaha membalas agar kedudukan menjadi imbang. Namun, rapatnya barisan pertahanan Persija Jakarta belum mampu dibongkar skuad The Guardian. 

Memasuki injury time babak kedua, Bhayangkara Solo FC terus menekan pertahanan Persija Jakarta. Namun, serangan itu terhenti di kaki para pemain bertahan Macan Kemayoran. Otavio Dutra mendapatkan kartu kuning kedua dan diusir wasit dari lapangan.

The Guardian mendapatkan peluang melalui tendangan bebas di luar kotak penalti. Namun tendangan Evan Dimas masih melebar dari gawang yang dijaga Andritany Ardhiyasa. Hingga peluit panjang ditiup wasit Yeni Krisdianto, kedudukan tidak berubah, 2-1 untuk kemenangan Macan Kemayoran.


Susunan pemain:

Persija Jakarta - Andritany Ardhiyasa, Otavio Dutra, Tony Sucipto, Yann Motta Pinto, Marc Anthony Klok, Novri Setiawan, Osvaldo Haay, Ramdani Lestaluhu, Alfriyanto Nico Saputra, Heri Susanto dan Marko Simic.

Pelatih: Sudirman

Bhayangkara Solo FC - Indra Adi Nugraha, Adam Alis Setyanto, Evan Dimas Darmono, Hansamu Yama Pranata, Renan Da Silva, Sani Rizki Fauzi, Alsan Putra Masat Sanda, Andik Vermansyah, Ezechiel Ndouasel dan Jajang Mulyana.

Pelatih: Paul Munster 

Baca juga: Lolos penyisihan grup, PSIS Semarang ingatkan pemain tetap rendah hati 
Baca juga: PSM siapkan evaluasi untuk hadapi perempat final Piala Menpora 
​​​​​​​

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021