Dukungan pemerintah kepada dunia usaha selama ini sudah sangat baik,
Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Perindustrian yang juga pengusaha nasional MS Hidayat, menilai Kadin Indonesia yang merupakan wadah tunggal dunia usaha perlu memperkuat kolaborasi dengan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan ekonomi ekonomi.

Calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026 yang akan terpilih dalam Munas Kadin, menurut dia, harus mampu memperkuat kolaborasi bersama pemerintah dan menjadikan Kadin sebagai rumah inklusif bagi semua kalangan.

“Jika Munas Kadin digelar dan terpilih Ketua Umum Kadin yang baru, maka tugas pertamanya adalah langsung menjadi mitra kerja pemerintah dan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar M.S Hidayat, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Terkait calon Ketua Umum Kadin periode 2021-2026, ia mengatakan mendukung Arsjad Rasjid yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional.


Baca juga: Kadin sebut LPI mampu percepat pembangunan infrastruktur RI
 

“Kali ini saya di belakang anda, kali ini saya ada belakang anda,” kata Hidayat.

Sementara itu, ekonom dari Perbanas Institute Piter Abdullah, menilai selama ini Kadin telah berperan dalam membantu pemerintahan, namun tetap perlu terus diperkuat.

"Selama ini Kadin sudah banyak berperan, tapi tantangannya akan lebih besar. Peran Kadin juga diharapkan lebih ditingkatkan," ujarnya.

Menurut Peter, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam menggeliatkan perekonomian di Tanah Air, sehingga dibutuhkan sosok pemimpin Kadin yang bisa bersinergi dengan pemerintah.

Pemerintah harus bekerja sama dengan sektor swasta dan peran swasta bahkan harus lebih ditingkatkan dengan mengoptimalkan berbagai asosiasi usaha terkait.


Baca juga: Menko Luhut: Pemerintah tak ikut campur kontestasi Ketua Umum Kadin
 

Kadin juga perlu melakukan riset dan pengembangan yang dijadikan masukan kepada pemerintah.

“Dukungan pemerintah kepada dunia usaha selama ini sudah sangat baik, tanggal bagaimana meningkatkan sinergi yang sudah terjalin itu agar mampu menciptakan kebijakan-kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Piter.

Sementara itu, Calon Ketua Umum Kadin 2021-2026 Arsjad Rasjid mengatakan, berkomitmen untuk memperbaiki dunia usaha bersama-sama dengan pemerintah.

Arsjad, yang juga Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk dan Ketua Dewan Penyantun Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini, siap mendengarkan setiap aspirasi Kadin Provinsi dan asosiasi yang bisa diibaratkan dalam sebuah perusahaan sebagai pemegang saham.

“Kadin harus dibangun inklusif dan kolaborating, sebagai rumah bersama sekaligus menjadi partner utama pemerintah dalam transformasi sektor kesehatan dan ekonomi terutama saat pandemi COVID-19, dengan fokus pada implementasi vaksinasi gotong-royong,” katanya.


Baca juga: Presdir Indika Energy deklarasikan diri jadi calon Ketua Umum Kadin

Baca juga: Kadin dukung perusahaan tech startup masuk bursa


Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021