Jakarta (ANTARA News) - Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi mencatat sebanyak 166 orang dari berbagai kalangan mendaftarkan diri menjadi pimpinan komisi tersebut.

Rekapitulasi data pandaftar yang diumumkan di sekretariat panitia seleksi di Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Senin menyebutkan, sampai 11 Juni 2010 pukul 16.00 WIB, para pendaftar itu telah melengkapi dan menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia.

Mereka berasal dari berbagai kalangan yaitu pegawai negeri, advokat, Polri/TNI, akademisi, dan hakim.

Khusus untuk 11 Juni 2010, panitia mencatat 36 orang mendaftarkan diri. Mereka berasal dari berbagai bidang keahlian dan profesi.

Beberapa dari mereka adalah tokoh, antara lain mantan Sekretaris Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara Barman Zahir, Ketua Pelaksana Harian DPP Partai Demokrasi Pembaruan Roy BB Janis.

Kemudian, mantan Ketua Komisi Kejaksaan Amir Hasan Ketaren dan anggota Indonesia Police Watch Jhonson Panjaitan.

Beberapa hari sebelumnya, sejumlah tokoh telah mendaftarkan diri menjadi calon pimpinan KPK. Mereka berasal dari berbagai kalangan, antara lain advokat yaitu Henry Yosodiningrat, Otto Cornelis Kaligis, Yusuf Asyid, Pangihutan Nasution, Farhat Abbas, Alam P Simamora, dan Cacang S Murtado.

Kemudian purnawirawan TNI AD Mayjen (Pur) Kivlan Zein dan mantan Direktur II Ekonomi Khusus Bareskrim Mabes Polri Brigjen Pol Weni Warouw.

Selain tokoh di tingkat nasional, panitia juga menerima berkas pendaftaran dari Kepala SMPN 3 Sumenep, Jawa Timur HM. Sajali.Panitia akan membuka pendaftaran sampai 14 Juni 2010.

Panitia seleksi akan mencari dua calon pimpinan KPK. Kedua calon itu nantinya akan dilaporkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diteruskan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan.Setelah itu, DPR akan memilih satu orang untuk dilantik menjadi pimpinan KPK.(F008/A035)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010