Dengan surat utang negara AS sangat tertekan kemarin, lingkungan jelas mendukung dolar AS
New York (ANTARA) - Nilai tukar dolar AS sedikit lebih rendah pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), namun mencapai level puncak satu tahun terhadap yen dan tertinggi multi-bulan terhadap mata uang lainnya karena investor berspekulasi bahwa stimulus fiskal dan vaksinasi agresif akan membantu Amerika Serikat memimpin pemulihan pandemi global.

Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, melemah 0,1 persen menjadi 93,189. Tetapi indeks dolar membukukan kenaikan kuartalan terbesar sejak Juni 2018, melonjak 3,56 persen.

Indeks naik hingga 93,439, tertinggi dalam hampir lima bulan. Indeks dolar telah naik dari mendekati 90 pada awal Maret, di jalur untuk bulan terbaiknya sejak Juli 2019.

Greenback menahan kenaikannya menyusul data yang menunjukkan ekonomi AS menambahkan lebih dari 500.000 pekerjaan sektor swasta pada Februari.

Penggajian (payrolls) swasta AS meningkat 517.000 pekerjaan bulan lalu. Laporan Ketenagakerjaan Nasional ADP menunjukkan pada Rabu (31/3/2021), sedikit lebih rendah dari perkiraan pasar. Data untuk Februari direvisi naik menjadi menunjukkan 176.000 pekerjaan ditambahkan, bukan 117.000 yang dilaporkan semula.

“Meskipun ADP bukanlah ukuran yang dapat diandalkan tentang bagaimana penggajian nonpertanian dapat berjalan, hal itu menggambarkan gambaran pasar tenaga kerja yang membaik,” kata Joe Manimbo, analis pasar senior di Western Union Business Solutions, dalam catatan penelitian.

Para ekonom Wall Street memperkirakan penggajian nonpertanian AS, yang akan dirilis pada Jumat (2/4/2021), pada 647.000 pekerjaan.

"Mengingat ekspektasi pasar yang tinggi untuk perekrutan Maret, terlihat naik 650.000, dolar bisa menjadi mangsa membeli saat rumor kabar baik dan menjual pada fakta," tambahnya.

Dolar menetapkan puncak satu tahun di 110,97 yen dan terakhir naik 0,33 persen pada 110,71 yen. Untuk kuartal tersebut, dolar membukukan kinerja terbaiknya sejak Desember 2016.

Euro, sementara itu, jatuh ke level terendah lima bulan terhadap dolar pada 1,1702 dolar, tetapi terakhir naik 0,12 persen pada 1,1730 dolar AS. Pada kuartal tersebut, euro berada di jalur untuk menunjukkan performa terlemahnya sejak September 2019.

Dolar telah didukung secara keseluruhan oleh lonjakan imbal hasil obligasi AS, yang membuat mata uang lebih menarik sebagai investasi.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun yang menjadi acuan, melonjak ke level tertinggi satu tahun di 1,776 persen pada Selasa (30/3/2021).

"Dengan surat utang negara AS sangat tertekan kemarin, lingkungan jelas mendukung dolar AS, terutama karena Eropa terus berjuang dengan gelombang Covid ketiga," kata kepala pasar global ING, Chris Turner, dalam sebuah catatan kepada kliennya.

Presiden AS Joe Biden mengumumkan rencana infrastruktur yang telah lama ditunggu-tunggu pada sore hari, menguraikan penggunaan kekuasaan pemerintah untuk membentuk kembali ekonomi terbesar di dunia dan melawan kenaikan China dalam proposal senilai lebih dari 2 triliun dolar AS yang telah disambut dengan perlawanan politik yang cepat.

Di pasar mata uang kripto, bitcoin sempat mencapai 59.000 dolar AS, mencoba menutup jarak ke rekor puncak di 61.781,83 dolar AS yang ditetapkan awal bulan ini. Bitcoin terakhir naik 0,27 persen menjadi 58.986 dolar AS. Bitcoin melambung 103 persen selama tiga bulan pertama setelah diadopsi lebih luas oleh investor dan perusahaan serta meningkatnya penggunaan mata uang digital tersebut dalam pembayaran komersial.

Baca juga: Dolar menguat terangkat kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS
Baca juga: Dolar melemah, masih dekat tertinggi 4 bulan karena optimisme ekonomi
Baca juga: Sentimen risiko berkurang, dolar menguat di atas tertinggi 4 bulan

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021