Komik "Attack on Titan" akan tamat awal bulan April

Komik "Attack on Titan" akan tamat awal bulan April

Poster anime "Attack on Titan The Final Season" (2020-2021). (Twitter/anime_shingeki)

Jakarta (ANTARA) - Serial komik Jepang (manga) populer "Attack on Titan" ("Shingeki no Kyojin") diumumkan akan segera mengakhiri perjalanan 11 tahunnya pada awal bulan April ini, tepatnya pada tanggal 9 April 2021.

Jelang berakhirnya manga tersebut, editor komik (manga-ka) "Attack on Titan" mengumumkan di Twitter baru-baru ini bahwa penerbit Kodansha telah mulai mengambil tindakan hukum terhadap "beberapa akun dan individu" untuk mencegah unggahan ilegal dan kebocoran awal bab terakhir manga.

Dikutip dari Anime News Network, Kamis, editor menjelaskan bahwa perusahaan sedang berupaya untuk mencegah kebocoran gambar atau teks, dan akan mengejar pengunggah ilegal "terlepas dari negaranya".

Baca juga: Game "Free Fire" berkolaborasi dengan anime "Attack on Titan"

Baca juga: Tujuh karakter "Attack on Titan" yang wajib dikenal


Editor menambahkan bahwa kreator komik (manga-ka) Hajime Isayama mengirimkan draf untuk bab manga terakhir pada hari ulang tahun karakter utama Eren Jaeger. Editor meminta penggemar untuk menantikan publikasi dan merayakan akhir dari seri yang sudah eksis selama lebih dari satu dekade itu.

Pada hari Selasa (30/3), penerbit Kodansha meluncurkan kampanye hitung mundur 10 hari hingga final komik. Setiap harinya, penerbit mengunggah konten khusus seperti wallpaper digital, wawancara, dan tanya jawab dengan Isayama.

Manga ini akan berakhir pada edisi Mei Majalah Bessatsu Shonen Kodansha pada 9 April, dan volume manga ke-34 dan terakhir akan dikirimkan pada 9 Juni.

Isayama meluncurkan manga di Majalah Bessatsu Shonen Kodansha pada tahun 2009. Kodansha Comics menerbitkan manga dalam bahasa Inggris secara digital dan cetak, dan menerbitkan volume ke-32 pada tanggal 22 Desember.

Serial anime televisi pertama berdasarkan manga ditayangkan perdana pada April 2013, dan musim kedua ditayangkan perdana pada April 2017. Bagian pertama dari musim ketiga ditayangkan perdana pada Juli 2018, dan paruh kedua ditayangkan perdana di Jepang pada saluran NHK General pada April 2019. "Attack on Titan The Final Season" ditayangkan perdana di NHK pada tanggal 7 Desember dan berlangsung selama 16 episode.

Episode-episode terakhir berikutnya akan tayang perdana musim dingin 2022 di saluran Umum NHK di Jepang.

Manga ini juga telah menginspirasi banyak manga dan novel spin-off, beberapa anime spin-off, video game, dan proyek film live-action. Manga "Attack on Titan" telah dicetak lebih dari 100 juta eksemplar di seluruh dunia.

Baca juga: Anime "Attack on Titan" masuki musim final pada 2022

Baca juga: Tujuan liburan baru di Jepang, museum manga "Attack on Titan"

Baca juga: "Demon Slayer" dan "Attack on Titan" hadir gratis di WeTV

 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar