Mataram (ANTARA News) - Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, menjalin kerja sama dengan Universitas Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia, dalam bidang "student exchange" atau pertukaran mahasiswa.

Rektor Universitas Mataram Prof H. Sunarpi di Mataram, Sabtu, mengatakan, "Memorandum of Understanding" (MoU) atau nota kesepahaman antara Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan Universitas Malaya sudah ditandatangani beberapa waktu lalu.

"Hadir pada acara penandatanganan MoU itu, Dean Faculty of Secience University of Malaya Prof Mohd Sofian Azirun. Beliau datang bersama tiga profesor dan dua doktor mewakili Rektor Universitas Malaya yang berhalangan hadir," katanya.

Sunarpi berharap program pertukaran mahasiswa dengan Universitas Malaya bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa Unram sebagai kesempatan untuk manambah wawasan dan pengalaman.

Ia mengatakan mahasiswa Unram yang terlibat dalam program pertukaran itu akan berada di Malaysia selama satu bulan penuh untuk menggali ilmu pengetahuan, begitu juga sebaliknya dengan mahasiswa Universitas Malaya akan belajar di Unram dalam berbagai bidang.

"Unram merupakan universitas kedua di Indonesia yang menjaln kerja sama "student excange" dengan Universitas Malaya, setelah Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur," ujarnya.

Selain menjalin kerja sama dalam hal pertukaran mahasiswa, kata Sunarpi, Unram dengan Universitas Malaya juga bekerja sama dalam hal pertukaran staf pengajar atau dosen.

Menurut dia, program ini menarik jika bisa dikaitkan dengan program studi lanjut bagi staf Unram untuk menyelesaikan program doktor di Universitas Malaya.

"Jadi, di samping bisa menyelesaikan program doktor, pada saat yang sama dia juga bisa mengajar di Universitas Malaya dan mendapatkan bayaran. Begitu juga nanti staf-staf di Universitras Malaya bisa datang ke Unram untuk "join supervision" dan bimbingan skripsi," ujarnya.

Sunarpi menegaskan jalinan kerja sama yang sudah ditandatangani tidak berada di atas kertas belaka. Namun, MoU ini akan segera ditindaklanjuti dalam bentuk kegiatan nyata antara Universitas Mataram dengan Universitas Malaya.

Hal yang terpenting dari jalinan kerja sama yang akan segera ditindaklajuti adalah berkaitan dengan penelitian antara staf dari berbagai fakultas di Unram dengan staf pengajar di berbagai fakultas di Universitas Malaya.

Kerja sama penelitian kedua belah pihak ini akan dijalin atas dasar kesesuaian bidang antara satu dengan yang lain. Riset bisa dilaksanakan di lokasi kedua belah pihak baik di Mataram maupun Malaysia.

"Harapan kami dari hasil-hasil penelitian itu selain memberikan kontribusi pada dunia ilmu pengetahuan dan teknologi juga bisa melakukan publikasi bersama antara dosen Unram dengan dosen Universitas Malaya pada Jurnal Internasional," katanya.(*)
(T.KR-WLD/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010