Jakarta (ANTARA) - Sony secara resmi akan menutup PlayStation Store untuk sejumlah perangkatnya yaitu PlayStation 3, PS Vita, dan PlayStation Portable (PSP).

Dikutip dari The Verge, Kamis, PlayStation Store akan ditiadakan untuk PS3 pada tanggal 2 Juli, disusul dengan penutupan toko untuk perangkat Vita pada 27 Agustus. Penonaktifan ini berarti pengguna tidak dapat lagi membeli salinan digital game atau DLC untuk PS3 dan Vita. Sony juga menghapus fungsionalitas pembelian yang tersisa untuk PSP pada tanggal 2 Juli.

Untungnya, pengguna masih dapat mengunduh dan memainkan game, video, dan konten media yang telah dibeli sebelumnya. Satu-satunya hal yang berubah, setidaknya untuk saat ini, adalah pengguna tidak dapat membeli game dan video digital PS3, PS Vita, atau PSP. Pembelian dalam game juga akan berhenti setelah toko tutup.

Pengguna juga masih dapat membeli konten cross-buy setelah penutupan, memungkinkan pengguna untuk mengakses game versi PS3 dan PS Vita / PSP yang datang dengan dukungan cross-buy.

Berita tentang penutupan tersebut awalnya muncul minggu lalu dari TheGamer, dan banyak yang khawatir penutupan tersebut akan mencegah orang mengunduh game ke perangkat mereka.

Satu-satunya hal yang benar-benar berubah di sini adalah pengguna tidak akan dapat membeli game dan konten digital baru kecuali game tersebut memiliki dukungan cross-buy.

PS3 Sony awalnya diluncurkan pada November 2006, dan lebih dari 80 juta unit konsol terjual secara total. Harga Vita tidak terlalu bagus, dengan total lebih dari 10 juta unit terjual, tetapi PSP menjadi hit dengan lebih dari 80 juta terjual selama 10 tahun masa pakainya.


Baca juga: PlayStation Store PS3 dan PS Vita akan ditutup Juli

Baca juga: 5 Game terbaik di konsol PS3

Baca juga: Sony hentikan produksi PS2 di Jepang

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021