Artikel

"Kingdom" tak akan ada eliminasi lalu curhat ATEEZ hingga Stray Kids

Oleh Lia Wanadriani Santosa

"Kingdom" tak akan ada eliminasi lalu curhat ATEEZ hingga Stray Kids

Enam grup peserta "Kingdom" yakni ATEEZ, The Boyz, iKON, Stray Kids, SF9 dan BTOB 4U. (twitter.com/MnetKR)

Jakarta (ANTARA) - Ajang kompetisi antar-grup idola K-pop "Kingdom: Legendary War" dipastikan tak akan menyertakan babak eliminasi seperti halnya program terdahulu "Road to Kingdom".

Direktur produksi Lee Young-joo dalam konferensi pers Kamis ini mengatakan, nantinya hanya ada satu tim pemenang dari kompetisi antara enam tim ini.

Keenam grup yakni ATEEZ, BTOB 4U, iKON, SF9, Stray Kids dan The Boyz akan mendapatkan poin berdasarkan voting dari tim yang bersaing (25 persen), skor panel ahli (25 persen), suara penggemar domestik dan global (40 persen), dan skor video (10 persen).

Baca juga: Pihak "Kingdom" jawab kontroversi dugaan tak adil pada idola peserta

"Pilihan penggemar global termasuk dalam kriteria untuk evaluasi obyektif, dan kami telah mengundang 30 pakar ke panel untuk memberikan suara. Kali ini, tidak ada eliminasi. Keenam tim masing-masing memiliki gaya mereka sendiri, jadi tidak masuk akal untuk menghilangkan salah satu dari mereka. Mereka semua menciptakan panggung legendaris," kata Young-joo seperti dikutip dari Soompi, Kamis.

Kemudian, terkait kontroversi dugaan perlakukan tak adil pada dekorasi panggung masing-masing tim di awal episode acara, Kepala produser Park Chan-wook meminta maaf. Dia berharap tak ada tim yang dirugikan dalam hal ini.

"Saya berharap keenam tim dan agensi mereka tidak dirugikan oleh masalah ini. Untuk ronde kedua, kami berdiskusi dengan masing-masing agensi tentang bagian-bagian yang kurang di ronde pertama. Kami semua telah bernegosiasi dan menyetujui cara untuk mengeluarkan materi masing-masing tim dengan baik," tutur dia.

Chan-wook memastikan tidak akan ada lagi masalah seperti ini pada ronde-ronde acara berikutnya.

Mengenai alasan pemilihan keenam grup, produser akhirnya angkat bicara. Menurut Chan-wook, ATEEZ memiliki basis penggemar global yang kuat, Stray Kids dengan beberapa video musik dengan lebih dari 100 juta penayangan dan juga memiliki banyak penggemar global.

Baca juga: Changbin & Seungmin Stray Kids rilis lagu duet peringati debut 3 tahun

Grup pemenang "Road to Kingdom", The Boyz dikatakan tak perlu lagi dijelaskan mengenai performa mereka, sementara SF9 memiliki banyak anggota yang populer sebagai aktor dan rata-rata personelnya memiliki tubuh kekar.

Grup iKON memiliki banyak lagu hit, dikenal bisa menikmati diri mereka sendiri di atas panggung, sementara grup paling senior dari keenamnya, BTOB walau hanya digawangi empat anggota bahkan tanpa tarian, mereka dapat menunjukkan kekuatan yang luar biasa dengan musik dan vokal mereka.

"Kingdom" pada awalnya akan dipandu Yunho dan Changmin TVXQ. Namun, karena ada masalah maka Yunho mengundurkan diri dari acara, menyisakan Changmin. Walau begitu, tayangan yang sudah dia rekam akan tetap ditayangkan hingga episode ketiga acara.

"Mengenai Yunho, bagian-bagian yang telah direkam tentang dirinya sebagai pemandu acara akan ditayangkan sampai episode 3. Changmin kemudian akan menjadi pembawa acara sendirian. Dia pemandu acara yang terampil, dan saya yakin dia akan memimpin 'Kingdom' baik pembawa acara maupun dan senior," kata Chan-wook.

Dalam kesempatan itu, Changmin membagikan pujiannya untuk para grup idola peserta acara. Menurut dia, para idola saat ini memiliki keterampilan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan dirinya di awal karir sebagai seorang idola.

Baca juga: Yunho TVXQ mundur dari "Kingdom", sisakan Changmin jadi pemandu solo

"Sulit untuk menemukan idola yang kurang terampil sekarang karena keterampilan semua orang telah meningkat secara kolektif. Jadi dibandingkan dengan masa lalu, aku pikir akan lebih sulit bagi tim untuk menemukan gaya unik mereka sendiri," tutur dia.

Changmin mengatakan, sempat khawatir apakah keenam tim akan mampu menampilkan tahapan yang berbeda. Tetapi setelah berpartisipasi dalam rekaman untuk putaran kompetisi pertama, dia menyadari tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Dia kemudian diminta memilih satu orang di antara para juniornya yang menarik perhatian. Menanggapi itu, dia mengatakan, "Sungguh kejam memintaku memilih satu orang saja. Ada begitu banyak idola dengan visual, vokal, variasi keterampilan yang luar biasa. Bila aku harus memilih seseorang yang spesial, aku akan memilih Seo Eunkwang dari BTOB".

Apa alasannya? Changmin sembari bercanda menuturkan, "Aku masih menjadi artis di bawah agensiku 17 tahun setelah debut, tetapi Seo Eunkwang sudah menjadi direktur di perusahaannya hanya 10 tahun dalam karirernya. Posisi sutradara sangat spesial".



Baca juga: Jelang "Kingdom", idola K-pop diajak bernostalgia lewat video lawas

Baca juga: Kolaborasi Stray Kids, Alesso, dan CORSAK dominasi iTunes dunia

Baca juga: ATEEZ hingga Stray Kids ungkap ekspresi tentang mahkota "Kingdom"

Oleh Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar