Jakarta (ANTARA) - Garena akan menggelar acara game dan esport di Asia Tenggara, Garena World 2021, pada 3-4 April di Thailand, dengan format digital sepenuhnya.

Garena World 2021 akan menggunakan kombinasi teknologi dan fitur keterlibatan penggemar untuk masuk ke dalam "Dunia Virtual Interaktif" yang akan menawarkan format online dan offline, khusus penggemar berlokasi di Thailand.

Garena World 2021 akan hadir melalui teknologi produksi virtual, Augmented Reality (AR), efek visual (VFX) dan full animation.

"Teknologi ini digunakan di banyak film skala besar untuk menghasilkan nilai produksi yang berkualitas tinggi. Penggemar maki telah menunggu acara ini sejak edisi terakhir di tahun 2019, jadi kami memastikan mereka tetap dapat menikmati Garena World 2021, sambil tetap aman di rumah sendiri," ujar Senior Director Head of Garena Thailand, Krit Pattanateacha, dalam keterangan tertulis, Kamis.

Website resmi Garena World 2021 telah diperluas untuk menyertakan sejumlah fitur interaksi sosial dan keterlibatan komunitas.

Baca juga: Garena gelar Free Fire World Series 2021 Singapura

Platform ini akan mencakup platform live streaming khusus yang memungkinkan penonton mengekspresikan diri melalui fungsi obrolan publik dan pribadi, serta avatar yang dapat disesuaikan.

Garena World 2021 akan mempertemukan pemain esports terbaik, yang mencakup empat game populer Garena yaitu AOV, Free Fire, FIFA Online 4, dan Call of Duty: Mobile.

Jika digabungkan, Garena World 2021 akan mempertemukan 39 tim dari sembilan wilayah saat mereka bersaing untuk mendapatkan uang tunai sebesar 660.000 dolar AS atau setara dengan Rp9,5 miliar.

Indonesia sendiri akan ikut bertarung dalam turnamen Call of Duty: Mobile Garena Invitational 2021, melawan tim perwakilan Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan dan Thailand untuk gelar tim terbaik di Asia Tenggara, dan sebagian dari total prize pool 40.000 dolar AS atau setara dengan Rp577 juta.

Baca juga: Indonesia puncaki klasemen grup di CODM Garena Invitational 2021

Berkomitmen untuk mengembangkan industri game dan esport, Garena World 2021 akan menyelenggarakan sesi edukasi yang dinamai "Garena Get & Give" untuk memberikan informasi kepada generasi muda tentang peluang karir dalam industri esports dan ekonomi digital yang lebih luas.

Pembicara yang akan hadir dalam sesi tersebut antara lain CEO Urnique Studio and Creative Director of Timelie, Parimet Wongsatayanon; Lecturer, Department of Interactive Design and Game Development, Faculty of Information Technology, Dhurakij Pundite University, Assoc. Prof. Banyapon Poolsawas; dan Head of Games and Interactive Media Department, School of Information Technology and Innovation, Bangkok University, Dr. Phattanapon Rhienmora.

Garena World 2021 juga akan menampilkan peluncuran perdana Garena Awards, bekerja sama dengan Kementerian Olahraga dan Pariwisata Thailand, untuk menghormati para tokoh panutan dalam industri game dan esport Thailand.

Hal ini sebagai upaya Garena untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas esport di Thailand serta memajukan ekonomi digital negara.

Seluruh acara Garena World 2021 akan disiarkan langsung di website resmi Garena World 2021 pada 3-4 April 2021. Seluruh bagian acara dapat diakses secara gratis.

Baca juga: SEA Games 2021 pertandingkan delapan judul gim esport
Baca juga: RRQ gelar turnamen Mobile Legends amatir
Baca juga: Industri esports diprediksi tembus Rp14,4 triliun tahun ini

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021