Kudus (ANTARA News) - Rumah Makan Puri Kajar yang Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, memiliki menu khas yang bisa jadi membuat setiap orang  penasaran. Proses pembuatan menu andalan yaitu ikan lele cukup unik; ikan itu  dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam bambu atau dikenal dengan sebutan lele bumbung.

Menurut juru masak Rumah Makan Puri Kajar, Sungkono, di Kudus, Minggu, menu yang tergolong baru itu, sengaja dihadirkan untuk menarik minat masyarakat yang mendengar nama lele bumbung dan menjadi ciri khas rumah makan ini.

"Sebelumnya, kami berupaya membuat masakan khusus ikan lele dengan sejumlah cara dan bumbu yang berbeda-beda agar menjadi ciri khas di rumah makan ini," ujarnya.

Setelah sekian lama melakukan uji coba, akhirnya ditemukan teknik memasak ikan lele dengan cara dimasukkan ke dalam bambu untuk mendapatkan rasa yang berbeda dengan yang biasa dilakukan oleh sejumlah pemilik rumah makan.

Selama ini, kata dia, masakan ikan lele yang sering dijumpai di Kota Kudus, yakni lele penyet atau mangut lele.

"Dengan adanya menu yang baru diperkenalkan selama dua bulan terakhir, diharapkan jumlah pengunjung akan bertambah," ujarnya.

Adapaun cara memasaknya, yakni dengan menyiapkan bumbu dari campuran kayu manis, bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, ketumbar, garam, lada, penyedap rasa, jahe, daun jeruk wangi, dan ikan lele segar.

Semua bumbu yang tersedia, katanya, ditumbuk bersamaan hingga lembut, kemudian ditaburkan ke ikan lele dan dibungkus menggunakan daun.

Langkah selanjutnya, ikan yang mendapat taburan bumbu dan terbungkus daun pisang dimasukkan ke dalam bambu yang dipotong sesuai ukuran panjang ikan lele, serta bagian ujung bambu ditutup menggunakan daun pisang untuk mendapatkan rasa yang lebih maksimal.

"Jika ada yang menginginkan dibakar, maka proses pembakarannya dilakukan bersamaan bambunya tanpa harus mengeluarkan ikannya dari dalam bambu," ujarnya.

Sedangkan harga jual setiap porsi sebesar Rp17.500 belum termasuk nasi putihnya.

Meskipun relatif lebih mahal dibandingkan hidangan lele di tempat lain, pembeli lele bumbung tidak akan kecewa.

Sementara itu, pemilik RM Puri Kajar, Yulistyowati menuturkan, sejak memiliki menu khas lele bumbung, jumlah pengunjung mengalami peningkatan, dibandingkan sebelum memiliki menu khas tersebut.

"Rata-rata pengunjung, penasaran untuk mencoba menu yang tergolong baru pertama ada di Kudus ini," ujarnya.

Untuk satu porsi lele bumbung yang terdiri dari dua hingga tiga ekor ikan lele dijual Rp17.500.

Tak hanya pada penampilannya yang unik, ayam bakar ini juga memiliki cita rasa yang tinggi.

Selain menyediakan menu khas lele bumbung dan sejumlah menu khas lainnya, rumah makan yang terletak di daerah pegunungan Kajar tersebut juga menghadirkan pemandangan alam yang menarik.(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010