Bandara SMB II Palembang sediakan 800 kantong Genose C-19 perhari

Bandara SMB II Palembang sediakan 800 kantong Genose C-19 perhari

Salah seorang calon penumpang sedang melalukan tes Genose C-19 di Skybridge LRT Bandara SMB II Palembang, Kamis (1/4/2021). ANTARA/Aziz Munajar.

Palembang (ANTARA) - Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menyediakan 800 kantong Genose C-19 per hari untuk pemeriksaan COVID-19 pada calon penumpang mulai 1 April 2020.

Eksekutif GM PT Angkasa Pura II KC Bandara SMB II Palembang KRAT Tommy Ariesdianto, Kamis, mengatakan calon penumpang yang menggunakan Genose C-19 diasumsikan mencapai 20 persen dari rata-rata 3.000 penumpang per hari.

"Biaya tes Gensoe C-19 ditetapkan Rp40.000 dengan masa berlaku untuk penerbangan 1x24 jam," ujarnya.

Lokasi tes Genose C-19 di Bandara SMB II Palembang berada di Skybridge LRT Sumsel, proses tes cukup mudah karena calon penumpang hanya perlu memasukkan udara nafasnya ke dalam kantong yang telah disediakan.

Baca juga: Bandara Internasional Yogyakarta resmi memberi pelayanan GeNose

Baca juga: Bandara Juanda mulai layanani GeNose C19 ke penumpang


Sebelumnya calon penumpang perlu menarik nafas sebanyak dua kali lalu mengeluarkamya, kemudian tarikan nafas ketiga dimasukkan ke dalam kantong lalu diberikan ke petugas medis.

Selanjutnya kantong berisi udara diperiksa menggunakan alat Genose C-19 yang disiapkan sebanyak empat unit, hasil pemeriksaan akan keluar dalam beberapa menit dalam bentuk cetak maupun digital.

"Kami ingatkan bahwa sebelum tes Genose C-19, calon penumpang jangan memakan jengkol, petai, kopi dan makanan yang berbau tajam, termasuk juga jangan merokok," kata dia menambahkan.

Sementara pada hari pertama pemberlakuan tes Genose C-19 hari ini, tampak belum banyak calon penumpang yang memanfaatkan Genose C-19.

Menurut Tommy masih diperlukan sosialisasi agar lebih banyak masyarakat yang memanfaatkan tes Genose C-19 di Bandara SMB II Palembang, namun ia menegaskan tes Genose C-19 memang bukanlah satu-satunya metode tes COVID-19.

Calon penumpang juga tetap dapat menggunakan hasil tes PCR dan Antigen sebagai syarat terbang, pihaknya sendiri masih membuka layanan tes rapid antigen di Skybridge LRT.

"Jadi ada tiga metode tes COVID-19 sebagai syarat terbang, tapi khusus Genose C-19 baru hanya ada di bandara," ujarnya.*

Baca juga: Terminal Bus Tanjung Priok Jakarta Utara mulai gunakan GeNose

Baca juga: GeNose C19 mulai diterapkan di empat Bandara mulai hari ini

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar