Kondusif sekali ya, karena kita juga sama masyarakat sekitar sangat dekat
Jakarta (ANTARA) - Organisasi Kemasyarakatan Forum Betawi Rembug (FBR) bersma TNI, Polri dan Satpol PP menjaga ketertiban dan keamanan Gereja Salib Suci Paroki Cilincing, Koja, Jakarta Utara, saat jemaat menjalankan ibadah di Tiga Hari Suci Paskah.

Pengurus Gereja Salib Suci Paroki Cilincing Alim Kurniawan mengatakan pengamanan dari unsur masyarakat tersebut juga didukung personel TNI-Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) hingga berjumlah 15 orang.

"Kami dibantu juga sama (personel) Kodim, Polsek, teman-teman FBR. Seperti yang teman-teman lihat, kira-kira 15 (orang). Kondusif sekali ya, karena kita juga sama masyarakat sekitar sangat dekat. Sama RT/RW sangat dekat," kata Kurniawan saat ditemui wartawan di Jakarta Utara, Kamis.

Ia menambahkan, personel pengamanan gabungan itu menjaga di dua pintu gerbang masuk gereja, dengan dilengkapi peralatan seperti pengecek suhu (thermo gun) dan pendeteksi metal (metal detector).

Senada dengan itu, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Koja Polres Metro Jakarta Utara Komisaris Polisi Cahyo mengatakan minimal ada 10 personel Polsek Koja yang dikerahkan untuk satu kali giliran jaga di Gereja Salib Suci.

"Per giliran minimal 10 orang dengan ditambah juga dari Satpol PP, Banser maupun dari FBR dan Pokdar Kamtibmas," kata Kompol Cahyo.

Adapun personel di lapangan ditugaskan untuk menyisir setiap tempat dari mulai altar, lingkungan dalam gereja sampai area luar agar steril dari ancaman.

"Bersama anggota dan pihak terkait, kami sisir dan sterilisasi, baik itu lingkungan di luar, di dalam, maupun di altar, semuanya sudah kami sterilisasi. Hasilnya, alhamdulillah. Tidak ada barang-barang yang ditemukan, steril," kata Kompol Cahyo.

Baca juga: Ribuan personel disiapkan Pangdam Jaya untuk amankan Jumat Agung
Baca juga: Ratusan personel gabungan TNI-Polri-Satpol PP jaga Katedral Jakarta

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021